- Inspirasi, Public Training

πŸ’œ Kalau QOLBU itu untuk berpikir dan merasakan sesuatu, lalu apa fungsi OTAK? 🎯

πŸ’œ Kalau QOLBU itu untuk berpikir dan merasakan sesuatu, lalu apa fungsi OTAK? 🎯

Setelah 2 artikel sebelumnya saya BC ke sebagian besar kontak di WA saya, Alhamdulillah ada salah seorang sahabat karib saya merespon dan bertanya yang intinya “Bukannya fungsi OTAK itu untuk berpikir dan QOLBU itu untuk merasa?”

Mari kita cermati… Bismillaahirrahmaanirrahiim… laa hawla walaa quwwata illaa billaah..

Begini, di dalam ALQURAN kita tidak akan menemukan satu ayat pun yang membahas tentang OTAK secara langsung. Tapi banyak ayat di Alquran yang menyuruh kita untuk berpikir, memahami dan menggunakan akal kita dalam merespon tanda-tanda kebesaran Allah.

Dan berdasarkan penjelasan artikel saya sebelumnya ternyata yang berpikir dan merasakan sesuatu itu adalah QOLBU.

πŸ—£Padahal sebagian besar dari kita mungkin sudah membangun keyakinan bahwa : “Otak untuk berpikir, Hati (Qolbu) untuk merasa”.

Sains modern ternyata menemukan bahwa pusat berpikir dan merasa itu di otak, yakni sistem limbik dan neokortek. Begitupun pusat memori ada di otak hipokampus, dan pusat emosi ada di otak amygdala.

Adapun Qolbu yang bermakna Jantung hanyalah merefleksikan hasil kinerja dari otak. Ketika Otak bekerja dengan benar dan harmonis, maka Qolbu akan terasa nyaman dengan pertanda adanya detak jantung yang harmoni dan stabil. Begitulah kira-kira intisari dari penelitian Sains.

πŸ™ Nah dengan beberapa fakta sains yang ditemukan tersebut maka sebagian orang menyimpulkan bahwa Qolbu itu adalah Otak. Apakah boleh disimpulkan demikian? πŸ€·β€β™‚οΈ

Sebab jika demikian kesimpulannya maka di sini terjadi sebuah kendala, yakni : Otak itu ada di dalam kepala, sedangkan Qolbu itu ada di dalam Dada.

🎭 Hmmm… Apa mungkin Kepala itu sama dengan Dada?

Mari kita perhatikan dengan tartil ayat berikut….

“Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai QOLBU yang dengan itu mereka dapat menggunakan akal (mereka untuk memahami) atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah QOLBU yang ada di dalam SHODR (dada).” (Q.S. Al-Δ€aj:46)

Ayat di atas jelas menyebutkan :

1. Yang berakal itu Qolbu. Fungsi berakal ada pada Qolbu. Akal itu untuk memahami sesuatu. Memahami itu terdiri dari proses berpikir dan merasa.

2. Qolbu ada di dalam Shodr. Shodr umumnya bermakna Dada. Tapi ternyata Shodr juga bisa bermakna Kepala. Karena arti Shodr secara bahasa adalah “Bagian atas atau depan dari sesuatu”. Konon dalam bahasa Indonesia kata Shodr disadur jadi Sadar, atau Kesadaran.

Berdasarkan beberapa penjelasan tersebutlah akhirnya saya menyimpulkan :

1. Proses memahami (berpikir dan merasa) itu ada di Qolbu. Qolbu bertugas memahami semua tanda, data, atau informasi yang masuk lewat panca indera.

2. Otak adalah bagian dari Qolbu. Qolbu terletak di dalam Shodr (Dada dan Kepala), artinya Qolbu itu ada yang “nongkrong” di dalam dada dan ada yang “nangkring” di dalam kepala.

3. Otak (Qolbu yang di kepala) bisa disimpulkan sebagai Hardware untuk berpikir dan merasa, sehingga bisa diteliti oleh manusia. Sedangkan Softwarenya ada di Qolbu yang di Dada. Saking “soft” nya maka manusia belum bisa meneliti secara maksimal.

4. Kinerja Qolbu yang di Dada selaras dengan Detak Jantung. Semakin tidak teratur detak jantung seseorang maka semakin tidak harmonis proses berpikir dan merasa yang dilakukannya.

Wallahu a’lam

KZ

www.jlebb.com

NB : Hot Info

Pelatihan Online JLEBB via Zoom, ada yang Free dan ada yang berbayar

In syaa Allaah :

1. Natural Luck Factors, Mengandung Keberkahan, Mengundang keberuntungan, Jum’at, 5 Juni 2020, 15.50 s.d 17.20. Kuota terbatas 95 orang.
“Free* Dengan syarat bantu share artikel ini atau artikel sebelumnya minimal ke 3 WA grup atau ke 15 orang WA japri.

2. ABATAR The Six Elements, Mengukur Determinasi, Mengukir Solusi, Sabtu 6 Juni 2020, 09.00 s.d. 11.30, peserta terbatas 33 orang. 100K.

3. HOLISTIC CONNECTION, Seven Qualities of Human Desire, Ahad 7 Juni 2020, 09.00 s.d. 11.30, peserta terbatas 33 orang. 100K.

4. Terapi Spirit Napas, Pola Dahsyat agar Hidup Lebih Nikmat dan Sehat, Sabtu, 13 Juni 2020, 09.00 s.d 11.00. Kuota terbatas 95 orang. “Free* Dengan syarat menyusul, akan dikabari setelah tanggal 7 Juni.

Info dan Pendaftaran ke Mas Iwan di wa.me/6285693937717

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *