- Informasi, Inspirasi, Motivasi

😎 *Leadership bukanlah Leader yang gak Sip* 🎯

Seorang leader yang sip memiliki _leadership_ yang diasahnya melalui pengamatan, pengamalan dan pengalaman.

Leadership adalah kepemimpinan. Kepemimpinan berasal dari kata pemimpin. Sedangkan kata “Pemimpin” bisa saja berasal dari perpaduan 3 kata, yaitu : “pimpin, mimpi, dan impian”.

Dengan demikian, tugas seorang pemimpin adalah memimpin teamnya untuk bekerjasama secara harmoni untuk mengubah mimpi menjadi impian, dan mengubah impian menjadi kenyataan.

Team yang tertidur, team yang _ngelindur_, team yang terkubur berarti pemimpinnya belum sukses mengarahkan dan mengatur.

Maka itu, seorang pemimpin sejati mampu membangun team dengan cara membangunkan team yang sedang tertidur, mampu menyadarkan team yang sedang _ngelindur_, mampu memotivasi team yang sedang terkubur, mampu mengatur team yang tadinya ngawur dan kurang bersyukur.

Memimpin itu sebuah keyakinan untuk memilih dan memilih untuk yakin. Memimpin tanpa keyakinan seperti Raja tanpa pengikut setia, seperti Harta yang diperebutkan oleh para pencinta dunia.

Pemimpin harus berani, walau dicaci dan di _bully_, tetap istiqomah berdiri, maju dengan langkah pasti, selama untuk kebaikan team dan pencapaian impian yang disepakati.

Pemimpin juga harus jujur, jangan kebanyakan bicara melantur, sehingga bawahan jadi pada kabur.

Pemimpin pun harus berwibawa, wibawa karena selarasnya antara kata dan kerja, bukan wibawa karena citra dan akhirnya tampak seperti boneka.

Pemimpin juga harus rendah hati, jangan merasa hebat lalu cerca sana dan sini, merasa lebih mampu padahal belum terbukti.

Pemimpin itu harus tegas, walau diprotes dengan keras, kebenaran harus diutamakan dibandingkan keadaan yang tidak waras.

TEGAs itu harus TEGA, TEGA itu penting selama dalam rangka TEGAkkan kebenaran. Walaupun harus sedikit TEGAng _ya gak apa-apa._

Pokoknya pemimpin sejati tetap TEGAr dan TEGAp menghadapi berbagai problema di teamnya.
________________
Salam Pemimpin Sip

Kang Zain
www.jlebb.com

Nb : _In syaa Allaah_ segera hadir bulan Maret 2019, *Training PLC (Personalitree Leadership and Communication)* di Bogor. Waktu tepatnya in syaa Allaah menyusul diinfokan.

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *