- Inspirasi, Public Training

4 RODA KEHIDUPAN, ANTARA KENDARAAN DAN KESADARAN

๐Ÿ’ก Manajemen Pikiran, Perasaan, Keyakinan, dan Keimanan

Ibarat 4 Roda Mobil, maka kalau kita hanya menggunakan satu atau dua roda saja akan terasa sulit mengendalikan mobil.

Itu sebabnya, supaya mobil seimbang dalam berjalan, maka kita harus pastikan keempat roda berputar dengan normal…

Kendaraan jiwa kita ini pun diberikan 4 Roda oleh Allah, yaitu Roda Pikiran, Perasaan, Keyakinan, dan Keimanan (P2K2).

Hidup kita akan stress, berat, banyak beban, dan tertekan apabila kita terlalu dominan menggunakan salah satu atau salah dua di antara empat roda.

Tapi bila P2K2 : Pikiran, Perasaan, Keyakinan, dan Keimanan kita bergerak harmoni maka kendaraan jiwa kita akan stabil. Kestabilan ini akan melahirkan Keseimbangan, keamanan, dan kenyamanan, sehingga lahirlah 2P (Perkataan dan Perbuatan) yang benar, baik, dan bermanfaat.

Itu sebabnya jika berpikir janganlah berlebihan hingga menghasilkan ketidakstabilan jiwa yang bernama khawatir, dan jika merasa pun jangan berlebihan hingga menghasilkan ketidakstabilan jiwa yang bernama sedih.

Berkeyakinan pun jangan berlebihan, karena akan menghasilkan kesombongan. Dan beriman juga jangan berlebihan tanpa diseimbangkan dengan Pikiran dan Perasaan, karena akan menghasilkan kebodohan dalam beragama yang akhirnya agama menjadi bahan fitnahan orang-orang yang hatinya suka memfitnah.

Stabil itu; Diam dan Bergerak dalam waktu yang bersamaan. Diam itu Eling, bergerak itu Waspodo.

๐Ÿ—ฃ๏ธSemakin stabil diri Anda, maka semakin kokoh pondasi hidup Anda, sehingga semakin sulit Anda dijatuhkan oleh berbagai peristiwa.

๐Ÿ—ฃ๏ธ Semakin stabil diri Anda, maka Anda pun semakin cepat dalam bergerak, dan semakin tepat dalam berkata dan berbuat, sehingga semakin banyak Anda menghasilkan sesuatu.

๐Ÿ’œ Semakin jiwa Anda seimbang, maka Anda akan mampu melihat lebih jauh dan mendengar lebih jelas dari kebanyakan orang pada umumnya.

๐Ÿ‘ŒBegitu pun sebaliknya, semakin Anda mampu melihat dan mendengar lebih detail dan banyak, maka jiwa Anda pun akan semakin stabil seimbang.

Ketika salah satu atau salah dua dari roda kehidupan Anda terlalu aktif dominan, maka Anda akan sulit melihat dengan jelas dan jauh, mendengar dengan jernih dan rinci, sehingga sistem limbik di otak Anda menerima informasi yang salah, akibatnya neokortek mengambil sebuah kesimpulan dan keputusan yang juga salah.

๐ŸŽฏ Jangan sampai Anda “gagal melihat” hanya karena terhalang oleh penglihatan Anda sendiri. Anda “gagal berpikir” hanya karena terhalang oleh pikiran Anda sendiri. Anda “gagal merasa” hanya karena terhalang oleh perasaan Anda sendiri.

๐Ÿ‘ณ๐Ÿปโ€โ™‚๏ธ Ketika Anda melihat dengan pikiran yang bening, maka awan yang mendung di atas langit akan jadi pemandangan yang elok, optimisme gairah hujan akan segera hadir. Tapi bila pikiran sedang pening, Anda hanya akan memaki para awan, sekalipun awan itu putih, karena Anda anggap awan-awan tersebut telah membuat Anda gagal melihat langit yang lebih tinggi.

Nah pembahasan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tema di atas in syaa Allaah akan dijelaskan lebih jauh dalam Webinar HOT (Hati, Otak, dan Tabi’at) 14 Juni 2020 pukul 12.55 sd 15.10 di Zoom JLEBB Inti Karakter dengan investasi 100K, tapi 33 orang pendaftar pertama cukup transfer Rp. 79.900.

Daftar ke Mas Iwan, Manjemen JLEBB, wa.me/6285693937717

Terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š

Salam
KZ

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *