9 Langkah TRANSFORMASI Mengubah NASIB
- Motivasi

9 Langkah TRANSFORMASI Mengubah NASIB Menuju Lebih BAIK

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan nasib sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan nasib yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” Qs.Ar-Ra`d:11

Ternyata kuncinya adalah mengubah nasib keadaan diri baru akan berubahlah nasib keadaan di sekitar diri. Artinya, dalam dulu barulah luar, kaya hati dulu barulah kaya harta.

Selaras dengan itu maka ada 9 langkah transformasi mengubah NASIB dengan lebih cepat dan bijak….in syaa Allah, yaitu :

1. Berprasangka baik kepada Allah atas apapun kondisi kita saat ini. Ingatlah bahwa Allah selalu merespon dengan fair segala prasangka hamba-Nya kepada-Nya. Selalulah berprasangka baik kepada Allah!

2. Prasangka yang baik kepada Allah akan melahirkan Ketenangan dan Keyakinan diri yang baik. Allah titipkan anugerah PD yang baik kepada hamba-Nya yang benar-benar berprasangka baik kepada-Nya. PD yang rendah hati, Yakin yang tahu diri.

3. Keyakinan diri yang baik akan menghasilkan Perasaan yang baik. Nikmatilah dengan penuh syukur perasaan baik yang Allah titipkan tersebut… Sekarang juga! Maka dengan syukur akan semakin nikmat rasanya.

4. Perasaan baik akan melahirkan keriangan dan kecerdasan berpikir. Artinya perasaan baik akan melahirkan pikiran-pikiran yang baik dan positif, sehingga terlindungi dari godaan bisikan syaithon.

5. Pikiran yang baik akan melahirkan kesantunan kata. Artinya perasaan dan pikiran yang baik akan melahirkan perkataan yang baik, benar, santun dan penuh hikmah.

6. Perkataan yang baik akan menuntun kita untuk bertindak baik. Artinya Perkataan yang baik melahirkan perbuatan yang baik.

7. Perbuatan yang baik bila terus diistiqomahkan akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik.

8. Dan Kebiasaan baik yang ikhlas akan membentuk Karakter yang baik.

9. Setelah memiliki karakter yang baik maka lahirlah nasib yang baik dalam kehidupan kita.

Jadi urut-urutannya adalah :

1. Berprasangka baik kepada Allah akan melahirkan :
2. Keyakinan Diri yang baik, lalu lahirlah :
3. Perasaan yang baik, lalu melahirkan :
4. Pikiran yang baik, lalu melahirkan :
5. Perkataan yang baik, lalu melahirkan :
6. Perbuatan yang baik, lalu melahirkan :
7. Kebiasaan yang baik, lalu melahirkan
8. Karakter yang baik, lalu melahirkan
9. Nasib yang baik.

Kesimpulannya :

1. Ketika kita ingin mentransformasi nasib menjadi lebih baik maka kita harus banyak menghadirkan dan melakukan kebaikan dalam hidup kita.

2. Bersabarlah, memang awalnya kita lah yang berupaya dengan izin-Nya untuk membentuk Karakter yang baik, tapi setelah terbentuk Karakter yang baik maka Karakter baiklah yang akan berupaya membentuk nasib baik untuk kita, atas izin Allah.

Wallaahu a’lam

Salam

About Kang Zain

Read All Posts By Kang Zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *