- Solusi

Apakah Penyebab Kesulitan Terbesar ?

Penyebab kesulitan terbesar adalah jauhnya diri kita dari Allah Yang Maha Menjaga Keseimbangan. Sehingga salah satu penyebab kesulitan hadir di dalam hidup kita adalah karena hidup kita terlalu mau enaknya saja, mau mudahnya saja, padahal sulit dan mudah itu seimbang.

Kesulitan hadir agar kehidupan kita seimbang, alias tidak mau mudahnya saja. Ketika hidup kita semakin nyaman di satu sisi maka pastilah akan menimbulkan ketidaknyaman di sisi lain, otomatis. Maka hadapilah kesulitan dengan kesulitan lainnya supaya kemudahan menjadi lebih terasa.

Jika hidup kita sedang sulit maka lakukanlah usaha atau hal-hal sulit lainnya sehingga kesulitan hidup berubah menjadi wajah kemudahan.

Obatilah kesulitan dengan kesulitan lainnya. Salah satu kesulitan yang sulit diobati adalah “kehambaran dalam hidup”. Jika hari ini hidup kita terasa hambar, bisa jadi karena kita terlalu fokus pada kemudahan hidup. Sebab kemudahan menjadi kurang bernilai bila jarang didampingi oleh kesulitan.

Supaya hidup tidak hambar cobalah lakukan beberapa kesulitan berikut :

– kurangi makan, bagus lagi bila berpuasa
– makan dengan penuh syukur walau rasa makanannya agak ngawur
– Kurangi tidur
– Kurangi begadang yang tak ada gunanya
– Kurangi menyentuh smartphone, apalagi smartphone yang bukan mahram kita hehe
– Kurangi belanja yang gak terlalu penting
– Kurangi hal-hal enak lainnya yang hanya bernuansa keenakan jasmani.
– Dan perbanyaklah usaha-usaha yang diridhoi Allah walaupun tampak sulit ketika melakukannya.

Berusaha itu ya memang sulit, tapi malas berusaha itu akan jauh lebih menyulitkan. Gara-gara malas berusaha maka hidup jadi jauh lebih sulit. Maka hilangkanlah kesulitan hidup dengan cara mau bersulit-sulit dalam berusaha.

Kalau hidup kita hanya mau mudahnya saja maka bersiaplah mendapatkan banyak kesulitan tak terduga, sedangkan kalau hidup kita rela bersulit-sulit, berusaha, berkorban dengan ikhlas maka bersiaplah mendapatkan berbagai kemudahan yang tak terduga dari Allah.

Kurangi berusaha sambil berkeluh kesah. Kenapa? Karena berusaha itu sulit sedangkan berkeluh kesah itu mudah. Itu sebabnya kesulitan dalam berusaha yang kita lakukan bisa langsung tunai dengan kemudahan dalam berkeluh kesah.

Tahanlah keluh kesah dengan keikhlasan yang berserah, sehingga datanglah berbagai anugerah dari berbagai arah yang tak terdugah, sulit pun jadi mudah.

Salam

About Kang Zain

Read All Posts By Kang Zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *