- Inspirasi, Solusi

BAHAYA HOBI BERBAHAGIA ATAS MASA LALU

Biasanya orang yang sudah berusia tua suka bercerita tentang kehebatan pada masa lalunya di waktu masih muda, sedangkan Anak Muda lebih berhasrat bercerita tentang progres saat ini dan tentang impian masa depan.

Namun hari ini tidak sedikit anak muda yang sudah hobi menceritakan tentang kehebatan dan kebahagiaannya di masa lalunya yang sebenarnya belum terlalu jauh berlalu.

Mereka bercerita dengan penuh hasrat ceria mata berbinar ketika berbicara tentang masa lalunya yang keren, dan tiba-tiba wajah mereka muram menua ketika diajak berbicara tentang pencapaian saat ini dan rencana membangun masa depan.

Mereka hobi berkata “waktu dulu… ” , atau “dulu yaa waktu kita… “, atau “di waktu saya jadi…. ” dan seterusnya…..

Sebenarnya tidaklah mengapa jika sesekali kita berkisah tentang masa lalu kita sebagai bumbu atas pembicaraan yang sedang berlangsung dengan niat berbagi pengalaman dan hal positif lainnya. Tetapi jika saat ini obrolan kita didominasi dengan berbagai cerita kesuksesan dan kehebatan kita di masa lalu, maka artinya : kita sedang tidak bahagia dengan kehidupan kita di saat ini, itu sebabnya kita lebih nyaman mengakses memori cerita dari masa lalu.

Orang-orang yang hidupnya tidak mengalami kemajuan mental kedewasaannya secara signifikan, maka masa “kanak-kanak” bagi mereka jauh lebih indah dan nikmat untuk dikenang.

Sedangkan orang-orang yang sudah berkembang kualitas hidupnya dan bertambah kedewasaannya, maka masa kini nya terasa jauh lebih indah dibandingkan masa lalunya. Sebab keindahan itu tidak mesti dilihat dari berbagai prestasi yang pernah kita peroleh, tapi dari berbagai prestasi yang sedang kita syukuri dan kita bagikan manfaatnya kepada sesama.

So, bagaimana dengan Anda, lebih indah saat ini ataukah jiwa Anda masih terpenjara di masa lalu yang tak mungkin kembali?

Salam Kesadaran

Jlebb.com

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *