- Artikel JLEBB

Cara Menghindari Perilaku Play Victim

Kita sakit hati sejatinya bukanlah karena kita disakiti, tapi seringkali karena kita tidak sadar sudah memilih untuk sakit hati di kala disakiti. Sakit hati itu pilihan dan tanggung jawab kita.

Itu sebabnya, bagi Anda yang ingin sembuh dari rasa sakit hati maka sadarilah bahwa Anda sudan melakukan Play Victim, yakni modus merasa menjadi korban atas kezaliman orang lain atas Anda, atau justru merasa korban atas kebodohan diri Anda sendiri.

Sadarilah Anda sakit hati karena memang itu pilihan Anda, sebab ketika Anda sudah menyadarinya maka Anda akan lebih mudah untuk memilih tidak sakit hati ketika disakiti.

Apa pilihan Anda tatkala ada orang yang menyakiti Anda : sakit hati atau lapang hati, jengkel atau memaafkan, menjadi marah atau tetap ramah?

Jika kita memilih untuk menyalahkan orang lain atau menyalahkan diri sendiri maka hampir sama saja efek buruknya untuk jiwa kita. Intinya mah yang judulnya “menyalahkan” akan melemahkan jiwa kita.

Tetapi jika kita memilih untuk mengakui Kesalahan diri (berbeda antara “menyalahkan diri” dengan “mengakui Kesalahan diri”), dan atau memaafkan kesalahan orang lain maka akan menguatkan jiwa kita, dan akan sangat meringankan beban hidup kita.

Ramadhan adalah bulan yang memiliki dorongan kuat terhadap jiwa agar mau dan mampu memilih yang terbaik di antara banyak pilihan tindakan yang ada.

Pilihlah dan jadikanlah Bulan Ramdhan sebagai bulan “Ifthar” , Bulan Berbuka…, yakni berbuka dari rasa kecewa, marah, dendam, trauma, dan putus asa. Sudahkah?

Salam Berkah Ramadhan

KZ

wwwjlebbcom

Nb :

Kabar gembira, In syaa Allah segera hadir :

  1. Peka Radar (Pelatihan dan Kajian Ramadhan Daring) mulai tanggal 19 April 2021
  2. Buku Saku TSN (Terapi Spirit Napas), – Menumbuhkan Keikhlasan, Menambahkan Kesehatan. Harga sangat terjangkau, isinya hampir daging semua. Informasi menyusul.
Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *