- Inspirasi

HAQ Model – Part 1

Part 1

Dari gambar di atas, maka bisa diketahui apa perbedaan antara Karakter, Kepribadian, dan Kompetensi.

Karakter itu harus bersih, luas dan kuat. Kepribadian itu harus fleksibel, lentur, dan berputar. Sedangkan Kompetensi itu harus Ahli, Pintar, dan Terukur.

Karakter itu terbentuk dari perpaduan antara Kesadaran (Awareness) dan Kecerdasan (Quotient). Kesadaran itu Lahir dari dalam, sedangkan Kecerdasan itu Hadir dari luar.

Karakter terbentuk dari Kesadaran Abdullah (Pure Awareness) dan Kesadaran Khalifah (Unitary Awareness) yang dipengaruhi oleh Belief System yang dibangunnya selama ini di ranah SQ (Kecerdasan Spiritual).

Itu sebabnya Karakter sulit berubah. Terutama karakter hasil bentukan di ranah SQ. Sedangkan karakter di Ranah PA dan UA akan berubah membaik apabila mendapatkan Hidayah dari Allah.

Contohnya Umar Bin Khottob, ketika PA dan UA nya berubah, tetapi jiwa leadership dan ketegasannya tetap eksis dan malah menguat di jalan kebenaran.

In syaa Allaah bersambung. KZ jlebb

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *