- Inspirasi

HIKMAH dan MOTIVASI dari berbagai ISTILAH di era PANDEMIK CORONA

Berdasarkan AlQuran surat Ali Imran ayat 190-191 maka kita disuruh menjadi Ulil Albab yang cirinya selalu mengingat Allah dan memikirkan kejadian yang sedang berlangsung sehingga dapatlah kesimpulan hikmah yang dalam yang akan menjadi motivasi hidup orang-orang beriman.

Itu mengapa Para Ulil Albab sejati akan menyimpulkan segala peristiwa dengan kalimat “Robbanaa Maa Kholaqta Haadzaa Baathilaa, subhaanaka Faqinaa ‘adzaabannaar”, yang artinya : “Ya Tuhan kami, tiada ciptaanMu yang sia-sia, Maha suci Engkau, maka jauhkanlah kami dari siksa Neraka”.

Ternyata kejadian Corona ini tidak sia-sia. Selain membantu proses “Heal The World”, Corona juga membantu proses “Heal The Soul”. Mari kita maknai…

πŸ•Ή 1. Masker

Kita betul-betul harus menjaga mulut kita dari mengatakan hal yang tidak perlu agar kita tidak terinfeksi sifat riya^, sum’ah, sombong dlsb. Kita juga harus jaga hidung kita dari mencium keburukan orang lain, suka mencari-cari kesalahan orang lain.

APD (Alat Perlindungan Diri) yang paling populer sekarang adalah Masker. Dengan menjaga mulut dan penciuman kita, maka yakinlah bahwa Allah akan menjaga dan melindungi kita dari berbagai masalah yang menyusahkan dan yang gak selesai-selesai.

πŸ•Ή 2. Lockdown

Mirip dengan Masker. Hanya saja harus lebih sadar lagi. Masker itu perlindungan di luar rumah, kalau Lockdown *di dalam? rumah. Artinya, bukan hanya menjaga kata, tapi juga menjaga hati kita dari berburuk sangka. Lindungi dan Kuncilah rapat-rapat aib orang lain, maka yakinlah bahwa Allah akan membuka seluas-luasnya potensi diri dan potensi solusi.

πŸ•Ή 3. Social Distancing

Perbaiki hubungan silaturrahim. Selama ini bisa jadi kita lebih dekat dengan orang yang baru dikenal, tapi malah menjauh dari orang tua, saudara sekandung dan saudara sedarah lainnya. Silaturrahim itu mengundang rezeki dan memperpanjang usia. Beda antara Silaturrahim dan Ukhuwah, kalau silaturrahim itu ada hubungan darah, kalau ukhuwah tidak harus ada hubungan darah.

πŸ•Ή 4. Physical Distancing

Menjaga jarak secara fisik. Anjuran minimal 1 meter. Artinya kita harus belajar menjadi mandiri dan pengamat atas masalah-masalah kita. Jaga jarak, jangan melekat dengan masalah yang ada, tetap stabil, amati dan pahami. Semakin mampu kita menjaga jarak dengan masalah-masalah yang ada, maka semakin tenang kita dalam menyelesaikannya.

πŸ•Ή 5. Stay at Home

Kita diminta tinggal dan berdiam di rumah, jangan kemana-mana kalau memang tidak sangat penting. Ini sebuah solusi yang bagus buat diri kita, belajar diam, hening, pikiran kita tidak liar kemana-mana, karena solusi itu dekat, di sini bukan di sana, sudah Allah titipkan di dalam jiwa kita. Galilah!

πŸ•Ή 6. Menular/Menyebar dengan cepat

Berita atau informasi di dunia maya yang menular atau menyebar dengan cepat sering diistilahkan dengan kata Viral. Kata Viral diambil dari kata “Virus Virtual”, bisa juga dari kata “Vine (menyebar/merambat) Virtual”. Sehingga wajarlah bila sekalinya Virus menyebar maka akan Viral. Sebetulnya tidak hanya virus yang cepat menyebar, satu lagi yang cepat menyebar adalah “kebaikan yang tulus”.

Itu sebabnya kita harus hati-hati dalam memilih dan menyebarkan sebuah/rangkaian kata atau informasi, diksi yang kita gunakan haruslah kita pahami terlebih dahulu sebelum disebar, lalu perbaiki niat, sehingga energi ketulusan turut hadir menggetarkan semesta.

Solusi Hidup akan mendekat ketika kita menerima informasi yang baik dan menyebarkannya dengan kata-kata yang baik. Kata-kata adalah Do’a. Dengan mengurangi atau bahkan berhenti menyebarkan informasi hoax atau negatif lainnya, maka akan mengundang pertolongan Allah untuk mengurangi dan menghentikan berbagai masalah hidup kita.

πŸŽ―πŸŽ―πŸ•ΈπŸ•ΈπŸ•ΈπŸ•ΈπŸ•ΈπŸŽ―πŸŽ―

Masih banyak istilah yang lainnya seperti droplet, cuci tangan dlsb, nah silakan sahabat sekalian yang menggalinya. Giliran yaa..

Hatur nuhun

NZF

www.jlebb.com

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *