- Artikel JLEBB

Inilah makna DZIKIR yang mungkin kita lupakan (part 2)

Menurut Anda, proses “Mengingat” itu adanya dimana? Di dalam Pikiran ataukah Perasaan?

Jika kita memperhatikan bagian-bagian otak dan fungsinya, maka proses mengingat atau menyimpan memori terdapat di “Sistem Limbik” yang terbagi dalam dua titik lokasi, yaitu :

  1. Hippocampus
  2. Amigdala

Sistem Limbik sendiri dikenal sebagai Otak yang bermain di ranah perasaan dan emosi, yang berfokus mencari kenyamanan atau kenikmatan.

Hippocampus menyimpan memori berupa data dan peristiwa. Sedangkan Amigdala menyimpan memori berupa emosi yang hadir bersamaan dengan data dan peristiwa yang terjadi.

Dengan kata lain, Hippocampus berfungsi untuk mengingat FAKTA yang terjadi, sedangkan Amigdala berfungsi untuk mengingat RASA yang terjadi.

Itu mengapa, proses Dzikrullah haruslah melibatkan Hippocampus dan Amigdala secara utuh. Tidak cukup hanya mengingat Allah dan kebaikannya, tapi juga haruslah mengingat berbagai rasa nikmat yang telah Allah hadirkan.

Berdzikir tanpa bersyukur itu ibarat Mengingat tanpa Merasakan Nikmat. Mengingat tanpa merasakan nikmat berarti mengingat dengan perasaan hampa.

Maka sejatinya, mengingat Allah itu bermakna mengingat segala nikmat yang telah Allah hadirkan kepada kita.

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 152)

Salam

KZ

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *