- Artikel JLEBB

Kalau sudah diSERAHkan maka jangan diRESAHkan

“…Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS. 3 : 159)

Allah sangat senang kepada hamba-hamba-Nya yang memiliki tekad bulat lalu berserah diri kepada Allah. Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya, sehingga wajar bila orang-orang yang bertawakkal itu masalahnya cepat dibereskan oleh Allah.

Bicara di ranah kecerdasan (fisik, pikiran dan emosi) tentulah berbeda dengan bicara di ranah Kesadaran (Ruhani). Membulatkan tekad itu ada di ranah kecerdasan tapi bertawakal itu ada di ranah Kesadaran.

Di ranah kecerdasan kita harus kerja keras, berhitung, mengawal, dan mempertimbangkan. Tapi di ranah Kesadaran kita hanya harus bertawakkal atau berserah diri kepada Allah, untuk mengundang cinta dan pertolongan Allah kepada kita.

Dari segi bahasa, tawakkal berasal dari kata ‘tawakala’ yang memiliki arti; menyerahkan, mempercayakan dan mewakilkan. Seseorang yang bertawakal kepada Allah adalah seseorang yang menyerahkan, mempercayakan dan mewakilkan segala urusannya hanya kepada Allah SWT.

Itu sebabnya kalau sudah bertawakal kepada Allah, janganlah lagi kita mengawal kinerja-Nya, sehingga jika Allah kita anggap “lalai” maka kita akan protes untuk menegur-Nya. Astaghfirullah, Na’uudzubillahi min dzaalik. Memangnya kita ini siapa di hadapan-Nya?

Menghitung nikmat Allah saja pasti kita tak kan sanggup, apalagi kalau kita nekat mengawal sebuah urusan yang sudah kita serahkan kepada Allah.

Itu mengapa, kalau Tawakkal janganlah lagi sibuk Ta’ Kawal. Kalau sudah diserahkan janganlah diresahkan, kecuali bagi orang-orang yang masih meragukan kemampuan Allah memberikan yang terbaik di dalam kehidupannya.

Kalau kita seriusan mau disukai oleh Allah, maka bertawakallah kepada-Nya. Masih ragu?

Salam

KZ

IKLAN BERKAH :

Telah terbit buku terbaru tulisan Kang Zain, sebuah Buku Mungil untuk meningkatkan kualitas Kesadaran dengan judul TSN (Terapi Spirit Napas) tebal 150 hal, hanya @25rb, silakan pesan di http://bit.ly/orderbukutsn atau WA ke 081288081975

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *