- Artikel JLEBB

KENAPA DO’A BELUM DIKABULKAN?

Mengungkap hubungan antara Saldo Pahala dan Dosa

Hanya Allah lah yang paling paham apa yang Anda butuhkan, jika Anda sudah dianggap oleh Allah pantas dan LAYAK untuk mendapatkan apa yang Anda perlukan maka DIA tentunya akan mencairkan kebutuhan Anda tersebut.

So, jika Anda merasa permohonan Anda kepada-Nya belum dikabulkan maka terimalah diri Anda apa adanya lalu maafkanlah semuanya dan berlapang dadalah.

Kenapa permohonan Anda seolah-olah belum dikabulkan-Nya?

Mari kita perhatikan ilustrasi berikut. Kalau Anda mengambil uang di sebuah ATM (Anjungan Tunai Mandiri – Automatic Teller Machine), lalu uangnya tidak mau keluar, tentu saja ada dua kemungkinan. Pertama karena mesin ATM-nya rusak, dan kedua karena memang tidak ada saldonya, atau saldo tabungan Anda di Bank tempat Anda menabung tidaklah mencukupi.

Begitupun, jika Anda berdo’a dan meminta kepada ALLAH, meminta sesuatu kepada-Nya, tapi permintaan Anda tidak di-“keluarkan”-Nya, dipenuhi-Nya, maka bisa jadi karena SALDO AMAL Anda masih kurang, sehingga Anda belum LAYAK mendapatkan apa yang Anda inginkan. Atau Saldo Anda mencukupi, tapi Anda memiliki masalah dengan pihak Bank yang belum tuntas sehingga rekening Anda dibekukan. Segala sesuatu itu ada perhitungannya, ada keseimbangannya.

Kalau dulu Anda menanam atau menabung kebaikan, maka SALDO AMAL Anda pastilah banyak, maka wajar saja jika Anda meminta kepada-Nya, berdo’a kepada-Nya, permintaan Anda pun lebih cepat dikabulkan oleh-Nya, dan hasilnya pun berkah, sedikit menjadi terasa banyak, banyak menjadi bisa sering berbagi.

Dalam satu sisi, kita bisa mengatakan bahwa kehidupan ini adalah transaksi jual beli, kalau Anda ingin mendapatkan sesuatu sebagai amanah dan hadiah dari ALLAH untuk Anda, maka Anda harus banyak menabung di Bank Semesta-Nya.

Perbanyaklah saldo tabungan Anda. Semakin banyak perbuatan baik Anda kepada sesama dan semesta, maka semakin banyak saldo di tabungan semesta Anda. Itu sebabnya Anda harus banyak beramal kebaikan, menebar manfaat di mana pun Anda berada.

Perhatikanlah sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam berikut, “Perbaikilah amalanmu, niscaya do’amu dikabulkan” (H.R. Thabrani).

Dengan demikian, semakin banyak amal kita, maka semakin banyak pula saldo tabungan kita di Bank Semesta. Itu sebabnya do’a-do’a kita akan jauh lebih mudah dikabulkan oleh-Nya, karena memang kita sudah dianggap layak oleh-Nya.

Nah, kalau Anda ingin mengubah nasib Anda, maka perbaikilah kualitas amal-amal Anda, dengan kata lain, perlayaklah diri Anda untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dan harapkan. Bukan hanya sekedar berdo’a tanpa diiringi aksi yang nyata, bukan hanya sekedar rajin ke ATM tapi tak pernah menambah Saldo tabungan.

Salam Jlebb Inti Karakter

KZ

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *