- Inspirasi, Public Training

KESULITAN itu bukan PENDERITAAN, penderitaan itu PASTI menyulitkan

Apakah Anda pernah menderita? Apakah Anda pernah mengalami kesulitan?

Kebalikan dari Kesulitan adalah Kemudahan. Sedangkan kebalikan dari Penderitaan adalah Kebahagiaan.

Kesulitan dan Kemudahan itu pasti hadir di setiap harinya tanpa pandang bulu, pria-wanita atau kaya-miskin. Sedangkan penderitaan dan kebahagiaan itu hadir tergantung pilihan kita.

Kesulitan yang hadir ketika Anda disakiti oleh seseorang tentulah itu bukan pilihan Anda. Tapi ketika Anda menderita karena dipersulit atau disakiti seseorang, maka itulah pilihan Anda. Anda boleh memilih untuk tetap Bahagia walaupun banyak orang yang menyakiti dan menyulitkan Anda.

Kesulitan itu sebuah keadaan buruk dari luar diri kita, sedangkan penderitaan itu adalah keadaan buruk dari dalam diri kita, berada di bathin kita.

Kesulitan yang direspon dengan tepat maka tidak akan menghadirkan penderitaan. Tapi bila jiwa sudah menderita, maka keadaan semudah apapun pastinya akan menghadirkan kesulitan.

Jadi jomblo memang sulit, tapi tidak harus menderita. Menikah juga sulit, tapi menikah bisa menghadirkan banyak kebahagiaan. Mengasuh dan mendidik anak-anak juga sulit, tapi menderita dalam pengasuhan adalah pilihan yang salah. Tak memiliki anak juga sulit, tapi menderita karena tak memiliki anak seharusnya bukan menjadi sebuah pilihan.

Semua orang mengalami kesulitan, sebab apapun keadaannya pasti ada unsur kesulitannya. Sedangkan menderita atau tidaknya seseorang itu adalah sebuah pilihan. Apa pilihan Anda?

Seseorang menderita bukan karena kesulitan yang dihadapinya, tapi ia menderita karena pilihannya, karena dirinya sendiri, karena ia tak mampu berdamai dan mengelola dirinya sendiri.

Itu mengapa, sangat sulit menasehati atau membantu seseorang yang sedang menderita, kadang jika kita kurang sabar, maka kita jadi ikutan menderita melihat orang yang sudah ahli menderita tersebut.

Lebih mudah menasehati atau membantu orang yang memang sedang berada di dalam kesulitan. Bahkan yang membantu dan yang dibantu akan semakin merasakan kebahagian.

Jika hati bahagia, maka kesulitan akan terasa mudah. Tapi jika hati menderita, maka kemudahan pun akan terasa sulit.

Ingatlah bahwa Syurga itu berisi kemudahan dan kebahagiaan, sedangkan Neraka itu berisi kesulitan dan penderitaan. Itu sebabnya kalau Anda senantiasa memilih untuk menderita, maka Anda sedang menyesuaikan diri agar mudah masuk ke dalam Neraka.

Mari kita tingkatkan kebahagiaan diri kita, jangan hidup tergantung dari orang lain, apalagi dari orang lain yang sedang menderita. Dengan meningkatkan kesadaran maka in syaa Allaah Anda akan menarik banyak kebahagiaan. Inner Happiness

Mari ikuti KaRamBOL untuk meningkatkan level kebahagiaan kita dengan tema “Law of attraction dan Level of Consciousness”, in syaa Allaah besok, 13 Ramadhan 1441 H, 6 Mei 2020 di Zoom.

Daftar dan info lengkap cek pict yang membersamai tulisan ini. WA 085693937717. Silakan bantu kami berbagi kebahagiaan dengan menyebarkan info ini ke grup-grup WA yang Anda ikuti.

Terimakasih 😀

KZ

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *