Lillaah,-Billaah,-Fillaah
- Inspirasi, Motivasi

Lillaah, Billaah, Fillaah

Ketika beramal ibadah marilah kita penuhi unsur Lillaah, Billaah, Fillaah.

1. Lillaah, karena dan untuk Allah semata.

Jika niat beramal dan ibadah kita hanya karena dan untuk Allah semata maka pastilah akan sering hadir perasaan riang, tenang, dan gembira walaupun tampaknya sedang menderita. Sebab hanya Allah yang Maha Berterimakasih, sehingga bila ada hamba-Nya yang beramal untuk-Nya pastilah Dia akan balas dengan kenikmatan luar biasa. Kita akan sulit beribadah Lillaah bila kita belum mengenal-Nya, asma-asma-Nya yang husna. Bila kita benar-benar sudah mengenal-Nya maka akan lebih nikmat dalam ber “iyyaaka na’budu”.

2. Billaah, dengan pertolongan Allah semata

Kalau Lillaah terkait dengan “Iyyaaka na’budu” maka Billaah terkait dengan “Iyyaaka nasta’iin”, hanya Allah lah tempat kita memohon pertolongan, sebab hanya pertolongan Allah lah yang wujud dan haqq. Itu sebabnya orang yang yakin pasti ditolong oleh Allah maka ia tidak akan ke dukun paranormal, akhlaknya akan terjaga, tutur katanya tegas, santun dan bemakna, perbuatannya menghasilkan manfaat bagi semesta.

3. Fillaah, di dalam jalan Allah semata.

Setelah kita totalitas ber “iyyaaka na’budu wa Iyyaaka nasta’iin” maka ketika kita berdo’a dengan tunduk “ihdinash shiraathal mustaqiim”, pastilah akan diberikan petunjuk oleh-Nya. Berada di Jalan Allah itu pasti nikmat, maka orang yang berislam tapi hatinya tak riang maka ketahuilah bahwa bumi Allah itu masih luas, pengajian bukan hanya di situ, temukanlah Islam yang sesuai aturan-Nya Yang Maha Bijaksana. Sebab Islam sejatinya adalah sebuah rahmatan lil ‘aalamiin, sebuah anggukan universal.

Kesimpulan :

Lillaah itu terkait erat dengan Aqidah Ma’rifatullah, Billaah itu terkait erat dengan Akhlak, Hakikat dan Hikmah-hikmah kehidupan, sedangkan Fillaah itu terkait erat dengan mu’amalah dan penegakan syari’at-Nya.

Penyatuan, penyerapan, penghayatan, dan pengamalan dari Ma’rifah (Aqidah-Lillaah), Hakikah (Akhlak-Billaah), dan Mu’amalah (Syari’ah-Fillaah) akan mengharmoniskan hablumminallaah dan hablumminannaas yang berdampak pada bertebarnya keselamatan di penjuru dunia hingga akhirat.

Wallaahu a’lam

Salam

About Kang Zain

Read All Posts By Kang Zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *