- Motivasi

Mengenal PIKIRAN BAWAH SADAR, critical area (SAR), dan PIKIRAN SADAR

Apa yang dimaksud dengan Pikiran bawah sadar?

Pikiran bawah sadar adalah gudang informasi dan ilmu yang tersusun secara otomatis rapi sebagai karunia-Nya yang berasal dari lingkungannya. Pikiran bawah sadar kita memiliki kekuatan yang luar biasa, karena ia mampu menampung semua informasi dan ilmu, termasuk menyerap semua kenangan atau memori yang pernah terjadi sejak kita lahir dahulu hingga hari ini.

Ketika pikiran sadar telah melupakan kenangan itu, tapi pikiran bawah sadar masih mampu mengingatnya dan mengenangnya. Maka saya suka menyebut pikiran bawah sadar ini sebagai “gudang kenangan”.

Ketika Anda tidur dan Anda bermimpi, maka kemungkinan besar mimpi itu berasal dari kenangan yang timbul kembali melalui pikiran bawah sadar Anda. Kenangan ini bisa menjadi penolong tapi lebih sering menjadi perusak. Mengapa demikian? Karena kenangan yang dominan mudah muncul melalui pikiran bawah sadar adalah kenangan yang berisi emosi yang tinggi, dan biasanya emosi yang tinggi identik dengan emosi negatif.

Sebetulnya, yang Anda butuhkan adalah kenangan yang beremosi sedang atau rendah, atau kalau perlu kenangan yang beremosi netral, tidak menyakitkan dan tidak pula membanggakan, sehingga keputusan yang Anda ambil kelak akan lebih mudah berada dalam bimbingan-Nya, tidak dipengaruhi oleh emosi Anda.

Lalu apakah yang dimaksud dengan critical area?

Critical area atau juga sering disebut sebagai SAR (Sistem Aktivasi Retikular) adalah sebuah pintu masuknya informasi atau ilmu baru dari pikiran sadar menuju pikiran bawah sadar, atau keluarnya informasi lama (kenangan) dari pikiran bawah sadar menuju pikiran sadar. Jika pintunya terbuka maka akan mudah keluar masuknya, dan jika pintunya tertutup maka akan susah masuknya. Dan terbuka atau tertutupnya pintu SAR sangat tergantung dari rasa keberterimaan atau rasa berserah dari jiwa orang yang diamanahi SAR tersebut.

Allah Swt adalah Zat yang paling berhak membuka dan menutup pintu SAR. Jika seorang hamba berserah pada Allah sepenuhnya, maka pintu SAR-nya akan dibuka-tutupkan oleh Allah sesuai dengan kebutuhan. SAR yang selalu tertutup ibarat kita memiliki Qolbu yang mati, dan SAR yang selalu terbuka pun akan membuat hidup kita menjadi tidak memiliki pendirian yang jelas, hilanglah ketegasan.

Itu sebabnya, kebermanfaatan Critical Area ini sangat bergantung dari tingkat keberserahan diri seseorang dan kepada siapa dia menyerahkan dirinya, dengan kata lain, kepada siapakah dia ber-Tuhan.

Kemudian apakah yang dimaksud dengan pikiran sadar?

Pikiran sadar adalah kecerdasan manusia ketika menggunakan otaknya secara lebih utuh dengan memarjinalkan fungsi hatinya atau bawah sadarnya. Pikiran sadar identik dengan logika. Pikiran sadar ini memang kadang agak lancang, hampir saja ia mengambil alih semua keputusan yang ada dari setiap masalah. Pikiran sadar ibarat striker dalam tim sepak bola. Pikiran sadar mengambil keputusan akhir dari semua informasi yang diterimanya. Namun demikian, sebagai striker , dia sering mengalami stress jika tidak ditopang oleh suplai bola informasi yang tepat. Dia seringkali gagal mencetak gol, padahal kesempatannya begitu banyak. Dia bingung harus berada di posisi yang mana agar ia pas positioning -nya tatkala menerima umpan, sehingga ia cukup tinggal bergerak sedikit saja untuk menggolkan bola ke jala gawang lawan.

Pikiran sadar yang berprofesi sebagai striker ini, seringkali turun ke belakang untuk menjemput bola. Alih-alih mencetak gol, eh dia malah merecoki pemain tengah dan back alias merecoki pikiran bawah sadar.

Itu sebabnya sangat penting memprogram ulang pikiran bawah sadar agar jiwa kita semakin tangguh, terstruktur dan terarah. Bagaimana caranya? Silakan simak videonya dengan meng- KLIK :

Terimakasih

Salam
KZ

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *