MENYESALLAH TAPI JANGAN SELALU MENYESAL

MENYESAL ITU BAIK ATAU BURUK?

Menyesal adalah sebuah rasa yang terjadi di saat ini atas perbuatan salah atau perbuatan kurang optimal yang dilakukan di masa lalu.

Penyesalan adalah kesadaran yang hadir belakangan sebagai karunia atau bentuk kasih sayang Allah kepada kita, agar kita segera mengubah perilaku lama yang negatif menjadi perilaku yang lebih positif.

Beruntunglah para jiwa yang menyesal, selama penyesalan itu terjadi di waktu ia masih hidup, dan merugilah jiwa-jiwa yang menyesal ketika sudah terlanjur sampai ke akhirat. Sudah qiyamat barulah menyesal, rugi abis.

Beruntunglah orang-orang yang menyesal selagi ia masih hidup, lalu ia segera bertaubat dan memperbaiki diri.

Dan merugilah orang-orang yang menyesal di waktu hidupnya tapi ia tak serius berubah, lalu malahan sibuk melekat kepada penyesalan, melekat kepada masa lalu, membenci diri sendiri, dan tak mau “move on” sesuai perintah Allah.

Itu sebabnya, orang-orang yang sudah diberikan karunia penyesalan selagi hidupnya tapi ia tak kunjung memperbaiki diri dengan cara : “bertaubat, memaafkan diri sendiri, lalu memaafkan, berdamai, dan mulai bersahabat dengan masa lalu, kemudian “do the best” di saat ini”, maka ketika ia mati kelak kemungkinan besar akan menjadi jiwa yang menyesal kuadrat.

Apa itu menyesal kuadrat? Pertama, ia menyesal atas masa lalunya yang kurang baik, dan kedua, ia menyesal karena tidak berhasil mensyukuri karunia penyesalan yang telah Allah berikan kepadanya di waktu ia masih hidup.

Ayo, berhentilah melekat kepada penyesalan sebelum kita benar-benar menyesal karena telah menyesalkan penyesalan yang akhirnya membuat kita semakin menyesal.

Agar bisa berdamai dengan masa lalu secara optimal, cobalah simak video berikut ini :

Salam Jlebb

KZ

NB :

Ingin mengundang Kang Zain dan Team Jlebb? silakan hubungi HP/WA 0813 1458 7468 atau 0856 9393 7717

Please follow and like us:
About kang zain 488 Articles
Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*