- Inspirasi, Public Training, Solusi

MERESPON KONFLIK PASCA PILPRES 17 APRIL 2019

Kita sepakat bahwa setiap PASLON punya kelebihan dan kekurangan. Dan kita pun sepakat bahwa Allah tidak pernah zalim, artinya selalu berbuat ADIL. Dan kita juga sepakat bahwa KEADILAN harus ditegakkan.

Bagi pendukung Paslon 01 mungkin berpikir bahwa tindakan para pendukung Paslon 02 yang kawal C1 adalah kerjaan lebay yang penuh su’uzhonisme kepada KPU dan takdir Allah. Dan ketidakberanian BPN buka-bukaan data atas klaim kemenangan 60 persen semakin membuat yakin bahwa kubu 02 sebenarnya sudah sadar dalam posisi kalah. Hanya saja mereka berusaha menemukan berbagai kecurangan nyata yang bisa dijadikan senjata agar dilakukan pilpres ulang.

Sedangkan bagi pendukung Paslon 02 mungkin berpikir bahwa program kawal C1 ini adalah bagian dari kewaspadaan dalam proses tegaknya KEADILAN, sebab Allah benci dengan kecurangan. Justru kegalauan dari para pendukung 01 atas pengawalan C1 ini semakin menguatkan kecurigaan bahwa ada kecurangan yang tersistem. Kecurigaan juga dikuatkan dengan bolehnya jutaan orang gila mencoblos dan bolehnya mencoblos hanya dengan membawa KTP. Padahal di berita televisi pernah dikabarkan KTP palsu sekarang banyak beredar. Kubu 02 berpikir, dulu 2014 waktu Jokowi sedang booming aja suara hanya 53 persen, masa sih sekarang ketika Jokowi mulai redup pamornya kok suara Jokowi malah menjadi 54 persen, suara dari mana?

Oke, perdebatan tidak akan ada habisnya, lebih baik sekarang kita coba ambil sikap yang jujur dan adil kepada diri kita sendiri. Lepaskan ego hawa nafsu yang melekat di jiwa kita atas kemenangan semu versi Quick Count atau Exit Poll. Jika kezaliman memang nyata, maka Allah mboten sare. Atau Masih ragu nih sama kemampuan Allah dalam berbuat adil?

Bersabarlah menunggu tanggal 22 Mei 2019 untuk buka-bukaan data C1 dlsb. Kebenaran in syaa Allaah akan terungkap. Tapi bukan bersabar yang pasif, dan bukan juga bersabar yang posesif. Bersabarlah dengan ikhtiar yang aktif.

So, bagi para pendukung Paslon 01, izinkanlah diri Anda untuk berbesar hati mempersilakan para relawan Paslon 02 untuk mengawal C1 dan memviralkan setiap kecurangan yang ditemukan. Ini hal yang lumrah. Tidak perlu ditakuti apalagi dibenci.

Dan bagi para pendukung Paslon 02, izinkanlah diri Anda untuk tetap husnuzhon kepada Allah sambil seraya terus menegakkan keadilan tanpa pandang bulu, lalu stay cool lah bila para relawan 01 mengcounter di medsos tentang berbagai temuan Anda, lalu bantahlah dengan cara yang baik.

Dan berhentilah saling memanggil dengan panggilan yang buruk seperti cepret atau kambong.

Ingat dalam AlQuran Surat Al-Ĥujurāt :11.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

SALAM RESPON

Kang Zain

www.jlebb.com

*HOT NEWS*

Ikuti Training berdurasi 6 Jam, Respon Otomatis Hati (ROH) special edition, Ramadhan berbagi, in syaa Allaah 19 Mei 2019, di Depok. Investasi Hanya 150 rb, sudah dapat disc belanja 25 persen setiap produk dari Robbani. Daftar hub Kang Rifa’i.

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *