- Inspirasi

MULES JIWA

Jika sahabat sedang MULES alias kebelet ngeBAB/PUB, maka pasti biasanya pikiran sahabat hanya fokus kepada “mencari toilet” dan ogah diajak makan, minum, apalagi diajak ikut pengajian. BaPer banget deh pokoknya : muka merah, wajah marah, badan gerah, jiwa gelisah, gerak susah, dan serba salah.

Udah ah Jlebbers, jangan dibayangin lebih lanjut. Itu mah hanya gambaran akhlak seseorang manakala eksistensi kotoran di perutnya sudah memuncak.

Nah, bagaimana bila yang memuncak itu adalah keberadaan kotoran di jiwa, alias kotoran hati ?

Maka wajar saja orang yang hatinya kotor gak bisa diajak diskusi, maunya debat dan melaknat, pokoknya bawaannya BaPer banget. Mudah emosi, ngeliat teman yang bersikap atau berpendirian berbeda bawaannya jadi seperti toilet, maunya langsung disemprot aja. Hii.. selemm

Orang kayak gini malas diajak mikir yang cerdas, kecuali diberi waktu dan dibiarkan saja seorang diri untuk membuang berbagai emosi negatifnya di tempat sunyi, di keheningan di kesepian bersama keran dan gayung yang tak bisa bernyanyi…

 

Nah Jlebbers, jika kita hari ini merasa malas atau sulit berpikir atau menggunakan akal kita, lalu kita sangat mudah baperan melihat berbagai peristiwa dan kelakuan orang-orang di sekitar kita, itu adalah tanda-tanda jiwa sudah mules, maka perbanyaklah menyendiri di malam hari, untuk melepaskan berbagai kotoran jiwa dengan cara memperbanyak dan memperkhusyu : istighfar, Istirja’, dan memaafkan manusia. In syaaa Allaah setelah itu Kita akan melihat dunia menjadi lebih terang.

 

Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa, fa’fu’annaa ..

KZ

www.jlebb.com

 

Nb : Boleh di share seluruhnya atau dikutip sebagian tanpa seizin penulis, namun bertanggungjawablah. In syaa Allaah jadi pahala yang berkualitas dan berbekas.

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *