- Inspirasi, Public Training

OPTIMALISASI PUASA, TANGGUNG JAWAB, DAN AKHLAK DALAM KOMUNIKASI

OPTIMALISASI PUASA, TANGGUNG JAWAB, DAN AKHLAK DALAM KOMUNIKASI ๐ŸŽฏ

Dari Abu Hurairah, Rasulullahย shallallahu โ€˜alaihi wa sallamย bersabda,

ูƒูู„ูู‘ ุนูŽู…ูŽู„ู ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ูŠูุถูŽุงุนูŽูู ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ุนูŽุดู’ุฑู ุฃูŽู…ู’ุซูŽุงู„ูู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุณูŽุจู’ุนูู…ูุงุฆูŽุฉู ุถูุนู’ูู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽุฒูŽู‘ ูˆูŽุฌูŽู„ูŽู‘ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ุตูŽู‘ูˆู’ู…ูŽ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูู‰ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุฌู’ุฒูู‰ ุจูู‡ู ูŠูŽุฏูŽุนู ุดูŽู‡ู’ูˆูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽุทูŽุนูŽุงู…ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ู„ูู‰ ู„ูู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ู ููŽุฑู’ุญูŽุชูŽุงู†ู ููŽุฑู’ุญูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ููุทู’ุฑูู‡ู ูˆูŽููŽุฑู’ุญูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ู„ูู‚ูŽุงุกู ุฑูŽุจูู‘ู‡ู. ูˆูŽู„ูŽุฎูู„ููˆูู ูููŠู‡ู ุฃูŽุทู’ูŠูŽุจู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูู†ู’ ุฑููŠุญู ุงู„ู’ู…ูุณู’ูƒู

โ€œSetiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Taโ€™ala berfirman (yang artinya), โ€œKecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan yaitu gembira ketika dia berbuka dan gembira ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.โ€ (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

“Shiyam” atau “Shoum” berasal dari kata “Shoma” yang artinya adalah MENAHAN.

๐Ÿ˜Ž “Kalaulah menahan lapar 13 jam saja sudah lelah, mengapa ada manusia yang mampu menahan benci selama 13 hari bahkan 13 tahun?* ๐ŸŽฏ

Kalaulah berbuka dari rasa lapar itu sangatlah nikmat, pastilah berbuka dari rasa benci dan kecewa itu akan jauh lebih nikmat. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

Jangan sampai kita menjadi manusia merugi, yakni orang yang dengan puasanya tidak membuat dirinya menjadi lebih baik, kecuali sekedar mendapatkan lapar dan haus saja.

Ingatlah bahwa Masalah tidak akan selesai dengan berubahnya orang lain, sebagaimana masalah tidak akan bertambah dengan kelakuan buruk orang lain. Masalah kita adalah tanggung jawab kita. Penderitaan kita bukanlah karena salah orang lain.

Tanggung jawab adalah Responsibility, gabungan antara Response dan Ability. Tanggungjawab adalah tentang kemampuan merespon sebuah peristiwa.

๐Ÿคท๐Ÿปโ€โ™‚๏ธ Bukan Peristiwa yang membuat kita menderita, tapi respon yang keliru atas peristiwa lah yang membuat hidup kita bermasalah. Semakin baik respon yang kita berikan, maka pasti in syaa Allaah semakin baik hasil dan peristiwa yang akan menghampiri kita.

Selain memperbaiki respon di hati, mari kita perbaiki pula komunikasi kita dengan sesama, sehingga kita bisa menjadi pribadi berakhlak mulia yang lebih paripurna.

Dalam dunia karir, Komunikasi merupakan faktor utama dalam pencapaian kesuksesan. Itu sebabnya selain hati kita luas kita juga perlu berkomunikasi dengan cerdas.

Itu sebabnya in syaa Allaah besok kami hadirkan 2 Pelatihan Online yang sangat special, yaitu :

1. ROH : Respon Otomatis Hati
2. PersonaliTree ABCD (Pohon Kepribadian Akar Buah Cabang Daun)

Info pendaftaran ke 085693937717, info lengkap silakan cek pict yang membersamai BC ini.

Terimakasih ๐Ÿ˜‡๐Ÿ™

Salam
Kang Zain

Nb : info ini boleh di share, terimakasih, semoga rizki Anda semakin berlimpah. Aamiin.

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *