- Inspirasi

Overload Information

Kids nyaman ayeuna banyak yang berperilaku aneh, bahkan berita terbaru ada siswi 15 tahun yang nekat membunuh balita dan ia merasa puas dengan apa yang telah dilakukannya, na’uudzuhillaahi min dzaalik.

Di Era Digital dan IoT ini, informasi sulit dibendung untuk dikomsumsi dan diterima oleh sistem limbik yang ada pada setiap otak nitizen, termasuk nitizen yang masih kids.

Padahal dalam Islam, kita disuruh mengkonsumsi makanan dengan 3 syarat :

1. Halal
2. Baik
3. Secukupnya

Walaupun makanan yang kita konsumsi itu halal dan baik, tapi bilamana berlebihan maka akan merusak tubuh. Apalagi kalau makanannya haram dan bergizi buruk, maka semakin rusaklah tubuh.

Selain makanan untuk tubuh, maka juga perlu dijaga makanan untuk batin. Makanan batin itu bernama Informasi. Maka konsumsilah berbagai Informasi yang memenuhi 3 kriteria :

1. Halal
2. Baik
3. Secukupnya

Contoh informasi yang tidak halal adalah sengaja mendengar dan mencari-cari kesalahan saudaranya.

Contoh informasi yang buruk adalah informasi yang membuat kita minder dan khawatir.

Apalagi informasi yang haram dan buruk itu dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat batin menjadi rusak. Semakin overload maka semakin rusak.

Nah bila batin Anda sering gelisah gak jelas, sering moody, malam sulit tidur eh malah siang ngantuk terus, emosi gak stabil, mudah tersinggung, plin plan, penakut, dan lain sebagainya bisa jadi itu pertanda bahwa Anda sudah ter- suspect penyakit “Overload Information”. na’uudzuhillaahi min dzaalik.

Semoga saya dan Anda, dijaga oleh Allah dari berbagai fitnah dan virus akhir zaman. Aamiin yaa Allaah yaa robbal aalamiin

www.jlebb.com

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *