- Inspirasi

Part 3 (Bapik, Baper, Basi, dan Basu)

Berdasarkan Gambar HAQ sebelumnya, maka Pikiran dan Perasaan ada di wilayah Lapang-Senang-Tegang.

Pikiran adalah alat jiwa untuk mengolah data dan informasi dengan cara mengukur, mengurutkan, membandingkan, menganalisa, memprediksi, dan menyimpulkan.

Orang-orang yang mengukur dan memprediksi secara salah/ceroboh akan menghasilkan kekhawatiran berlebihan tentang apa yang akan terjadi. Mereka itu biasa disebut sebagai Kaum Bapikan (Terbawa Pikiran).

Perasaan adalah alat jiwa untuk merasakan tingkat keamanan dan kenyamanan sebuah data atau informasi yang diterima oleh panca indra.

Orang-orang yang gagal mengendalikan perasaan aman dan nyamannya maka akan dikendalikan orang perasaan takut, sedih, kecewa, dan jengkel. Mereka itu biasa disebut sebagai Kaum Baperan (Terbawa Perasaan).

Emosi adalah perasaan yang intens. Emosi adalah perasaan yang dalam, perasaan yang timbul karena sudah merasa aman, nyaman, dan paham.

Orang-orang yang gagal paham, gagal nyaman, dan gagal paham secara mendalam maka akan menjadi pribadi yang pemarah atau emosian. Mereka itu biasa disebut sebagai Kaum Basian (Terbawa Emosi).

Jika seseorang sudah terlalu sering Bapik, Baper, dan Basi, maka lama-kelamaan akan menjadi habit yang membahayakan dirinya sendiri. Kekonsistenan bad habit ini akan menghasilkan Kaum Basuan (Terbawa Suasana) yang mana hidupnya akan selalu dikendalikan oleh keadaan/suasana. Akhirnya hidupnya pun dipenuhi keletihan dan kerugian.

Salam

Nunu Zainul Fuad

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *