Perlukah-Membuat-Resolusi-Tahun-Baru
- Inspirasi, Motivasi, Solusi

(Part 5) Dengan Metode IBROH, maka tanpa terasa Kesuksesan menjadi Nyata

Rajinlah dalam Belajar, Beramal, dan Mengajarkan berbagai ilmu kebaikan yang sudah kita pelajari dan amalkan.

Semakin bagus pemahaman dan pengamalan kita maka efeknya adalah dakwah atau ajakan kita akan semakin efektif bernergi dan jlebb tentunya. Sebab, kata-kata yang terlontar dari sosok insan yang bertaqwa akan lebih kena dan menggerakkan.

Maka jauhilah malas dalam beramal sholih. Lagipula Hakikatnya rasa malas itu hadir karena adanya gangguan syaitan dan Hawa Nafsu.

Syaitan sengaja rajin bekerja keras menganggu kita karena mereka memahami bahwa kemenangan kita semakin dekat. Semakin kita dekat dengan kesuksesan, maka semakin rajinlah syaitan memalaskan kita.

Artinya bila rasa malas kita semakin menguat, maka itu adalah pertanda bahwa sebenarnya kemenangan kita sudah semakin mendekat. Jangan menyerah kawanku, OPTIMISLAH!

Nah, OPTIMIS mewakili huruf O dari kata IBROH. Optimis adalah Husnuzhan (Berbaik Sangka) kepada Allah tentang masa depan Anda. Optimis adalah sebuah keyakinan bahwa masa depan Anda akan jauh lebih baik bersama pertolongan Allah.

Nabi kita pun menyuruh kita berdo’a dengan penuh keyakinan atau optimisme. “Berdo’alah kepada Allah dalam keadaan kalian yakin akan dikabulkan.” (HR. Tirmizi)

Sebetulnya, siapa pun yang sudah IBR (Ikhlas, Benar, Rajin) maka pasti Allah akan berikan rasa Optimisme kepadanya, baik optimis dalam berdo’a maupun dalam berikhtiar.

Dan ternyata, Husnu zhan tentang masa depan ini adalah salah satu kunci terjadinya kematian yang Husnul khatimah.

“Janganlah salah satu di antara kalian meninggal dunia kecuali dia berhusnuzhan kepada Allah.” (HR. Muslim)

Optimis adalah lawan kata dari Putus Asa. Allah benci kepada hamba-hamba-Nya yang berputus asa dari rahmat Allah. So, Optimisme Anda akan menyenangkan Allah, sehingga Allah akan menyelamatkan karir Anda di dunia dan di akhirat nanti. In syaa Allaah, Pasti. Apa pun yang terjadi saat ini, Optimislah!

In syaa Allaah masih bersambung…

www.jlebb.com

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *