Hakikat-Bergerak-Yang-Terlupakan
- Inspirasi, Motivasi, Solusi

(Part 6 : terakhir) Dengan Metode IBROH, maka tanpa terasa Kesuksesan menjadi Nyata

“H” dari kata IBROH mewakili kata “Hikmah”. Hikmah yang dimaksud adalah berhusnuzhan kepada Allah atas takdir yang telah dan sedang terjadi.

Kalau “Optimis” itu berhusnuzhan atas masa depan, sedangkan “Hikmah” itu berhusnuzhan tentang “Masa Lalu dan Masa Kini”.

Para “Ahli Optimis” akan langka bersikap khawatir , sedangkan para “Ahli Hikmah” akan langka bersikap sedih hati.

Nah, para hamba Allah yang sudah tidak lagi khawatir tentang masa depan dan tidak lagi bersedih atas masa lalu, disebut sebagai Waliyullah, yaitu hamba yang percaya kepada Allah dan dipercaya oleh Allah, inilah hamba-hamba Allah yang telah memiliki keistiqomahan dalam keikhlasan, kebenaran, dan beramal sholeh.

“Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (Q.S. Yūnus : 62)

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Rabb kami ialah Allah’, kemudian mereka tetap istiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) bersedih hati. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. Al Ahqaaf: 13-14).

Semoga kita semua bisa istiqomah menjadi pribadi yang IBROH (Ikhlas, Benar, Rajin, Optimis, Hikmah), sehingga kita bisa menikmati hidup ini dan secara alamiah seolah-olah gak kerasa capeknya eh tahu-tahu kesuksesan pun semakin nyata mendatangi kita di dunia dan di akhirat. Aamiin.

www.jlebb.com

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *