- Inspirasi, lainnya, Promo, Public Training, Solusi

#part1 Diawali Dengan Memahami Hakikat HAJI, Semoga HAJI Anda MABRUR 😊🤲

Anda sudah berangkat Haji? Alhamdulillaah bila sudah, semoga haji Anda Mabrur, dan bila belum maka semoga di tahun ini (2019) atau tahun Depan (2020) Kita semua dimudahkan oleh Allah untuk menunaikan Ibadah Haji dengan predikat Haji yang Mabrur. Aamiin.

*Haji* adalah ibadah yang lebih mengutamakan gerakan Hati dan Fisik dibandingkan Ucapan/Bacaan. Sedikit sekali bacaan yang wajib dibaca ketika melakukan proses rangkaian ibadah Haji.

Itu sebabnya kita tidak perlu terlalu khawatir berlebihan jika masih banyak bacaan-bacaan haji yang belum dihapal. Yang penting baca Niat Haji lalu lebih fokuskan pada gerak hati dan gerak jasadi.

*Adapun secara ringkas proses rangkaian haji terdiri dari :*

1. Niat sambil ber-Ihram di Miqot yang ditentukan

2. Wuquf di ‘Arafah

3. Mabit di Muzdalifah

4. Lempar Jumrah

5. Tahalul

6. Mabit di Mina

7. Thawaf

8. Sa’i

*Niat* berhaji dimulai dan dilafadzkan dari miqot (batas tempat) yang telah ditentukan dalam keadaan sudah menggunakan kain Ihram.

*Ihram* artinya terlarang. Orang yang sudah Ihram maka ia terlarang untuk melakukan aktifitas rafats (berkata porno atau berhubungan sex), fusuk, debat, dan beberapa larangan lainnya, yang intinya, jika sudah menggunakan kain Ihram maka jangan lagi ada hawa nafsu, stress, atau mengkhawatirkan sesuatu yang sifatnya duniawi.

Lupakan untuk sementara waktu berbagai proyek duniawi yang berisik dan berkecamuk di tanah air jiwa, fokuslah *bertalbiyah* untuk *memenuhi panggilannya,*
_Labbaikallaahumma labbaik, labbaikalaa syariikalaka labbaik, innal hamda wanni’mata laka walmulk laa syariikalak._

Artinya : *Kami datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, kami penuhi panggilan-Mu. Kami datang memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, kami penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala Puji dan Kenikmatan adalah bagi-Mu dan juga kekuasaan, tidak ada sekutu bagi-Mu.*

So, kalau ada yang bertanya, “kok kamu bisa berangkat haji tahun ini?” Maka janganlah dijawab “kebetulan nih ada yang ngongkosin” atau jawaban sejenis lainnya, tapi jawablah “Alhamdulillah, dipanggil Allah, memenuhi panggilan-Nya”.

_In syaa Allaah bersambung ke part 2…._

*www.Jlebb.com*

INFO : Program Haji Khusus Visa Furoda, resmi tanpa antri, terakhir pendaftaran dan pembayaran 30 Juni 2019

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *