Pengembangan-Diri-Penting--Sudahkah-Anda-Menerima-Aktif
- Inspirasi, Motivasi

Pengembangan Diri Penting : Sudahkah Anda Menerima Aktif ?

Sebagian orang masih menyangka bahwa dalam pengembangan diri menerima itu adalah karakter yang pasif … Padahal menerima sejati itu berkarakter Aktif…

Sebagaimana mengalah bukanlah hal yang pasif, diam bukan hal yang pasif, menyerah bukan hal yang pasif, berserah/pasrah bukan pula hal yang pasif, dan malas pun bukan pula hal yang pasif… Ini semua pilihan yang aktif.

Akhirnya sebagian orang yang sedang sibuk “mengejar kesuksesan” menganggap bahwa : menerima, mengalah, diam, menyerah, malas, dan pasrah adalah musuh yang harus dihancurkan… Padahal tidak selalu begitu.

Sebab hakikatnya semua adalah potensi dari Allah jika digunakan secara aktif…

Mari kita aktifkan semua rasa yang mungkin selama ini kita anggap negatif dengan cara yang benar…

1. Menerima. Ciri orang yang hatinya menerima maka ia akan ringan dalam bekerja atau berikhtiar menjemput karunia Allah. Karena ia aktif dalam hal “menerima” maka ia menjadi pasif dalam hal “menolak” seperti : minder, mengeluh, menyalahkan, maksiat, dan marah-marah.

2. Mengalah. Dalam persepsi emosi maka Mengalah itu bukan berasal dari kata “Kalah” tapi justru berasal dari kata “Mengalahkan”, artinya Andalah yang sebenarnya menang. Lalu Siapakah yang Anda kalahkan? Yaitu : ego Anda untuk mengalahkan orang lain.

3. Diam. Sesungguhnya Diam sejati adalah tanda heningnya hati. Orang yang Diam tidak banyak bicara karena hatinya begitu hening dalam kedamaian yang penuh syukur dan sabar yang indah. Ciri Diam yang aktif adalah wajahnya cerah, kerjanya efektif, bicaranya sedikit, dzikir di hatinya senantiasa membesarkan Allah.

4. Menyerah. Ini pun adalah potensi dari Allah. Jika seseorang tidak diberikan Potensi menyerah maka pasti perang dan keributan gak penting tidak akan pernah berakhir di semesta. Misalkan ada 4 cowok yang pantang menyerah memperebutkan satu cewek, maka pasti akan hancurlah mereka semuanya. Ada saatnya kita harus menyerah secara sadar dan aktif sebagai bukti iman kita kepada Allah bahwa “Kalau sudah Jodoh/Rezeki maka tak akan lari kemana”.

5. Malas. Ini pun potensi yang perlu diaktifkan secara benar pada rel nya. Aktifkanlah kemalasan Anda jika ada hasrat berbuat maksiat atau berbuat hal yang hanya menghabiskan waktu tanpa hasil dan manfaat. Salah satu potensi yang sangat saya syukuri dalam hidup ini adalah Malas. Ya Alah malaskanlah aku dalam berbuat yang tak perlu.

6. Berserah/Pasrah. Kenapa hidup sering beresah? Itu karena kurang aktif berserah. Berserah itu adalah kunci dalam beragama Islam. Islam sendiri artinya selamat dan berserah. Hidup kita berantakan karena kita anggap bahwa kita mampu mengatur kehidupan kita dan kehidupan anak atau pasangan kita. Sadarilah bahwa kita pun tak bisa mengatur yang begitu dekat dengan kita. Misalkan mengatur agar darah di seluruh tubuh kita mengalir sesuai intruksi kita, mampukah? So berserahlah. Dan ciri orang yang berserah pada Allah ialah siap diperjalankan oleh-Nya. Dan ketika hamba sudah diperjalankan-Nya maka ia akan aktif bersama kebaikan di semesta.

Salam Menerima

Kang Zain

About Kang Zain

Read All Posts By Kang Zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *