- Informasi, Motivasi

Peringatan dan Motivasi dari Para HORMON untuk KeNYAMANan yang SEJATI

Rasa NYAMAN yang hadir ketika Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dengan terlalu mudah, atau dengan perjuangan namun bernuansa curang atau maksiat, atau saat Anda dihargai dan dipuji orang lain lalu Anda merasa bangga alias sombong, atau saat Anda puas mengalahkan orang lain, maka otak Anda akan mengeluarkan hormon Dopamin.

Hormon Dopamin bersifat menyenangkan namun berefek ketagihan. Bila diproduksi secukupnya maka akan menyehatkan, tapi bila berlebihan bisa merusak kemampuan otak neocortex untuk berpikir. Itu mengapa, kesenangan yang terus menerus atau fasilitas yang terlalu banyak akan membuat orang menjadi malas dan bodoh, sebab tak optimal berpikir logis dan kritis.

Rasa NYAMAN yang hadir ketika Anda berhasil menikmati rasa sakit dan pedih akan membuat otak mengeluarkan Hormon Endorphin. Termasuk ketika Anda berhasil mendapatkan apa yang Anda inginkan setelah Anda berjuang luar biasa pun akan mengeluarkan Hormon Endorphin. Bahkan ketika Anda berhasil menikmati rasa pahit pada kopi hitam tanpa gula, atau rasa pedas dalam sambal, atau rasa sakit ketika dipijat refleksi, maka itu pun akan membuat Hormon Endorphin Anda aktif.

Selain itu ketika Anda bisa merekayasa hati agar selalu bersyukur dan berpikir positif, juga akan membantu mengeluarkan Hormon ini. Hormon Endorphin ini sangat bagus untuk meningkatkan harga diri dalam menghadapi berbagai problema hidup. Jiwa tetap optimis dan bahagia, daya tahan tubuh pun semakin menguat.

Rasa NYAMAN yang hadir ketika Anda memberikan sesuatu kepada orang lain, atau ketika Anda nyaman memenuhi keinginan orang lain, puas dalam melayani sesama, maka otak akan mengeluarkan Hormon Serotonin. Hormon ini membuat Anda merasa bahagia dan lapang dada. Sehingga masalah seberat apa pun akan terasa jauh lebih ringan, perut pun akan jarang dihinggapi rasa lapar.

Rasa NYAMAN yang hadir ketika Anda jatuh cinta lalu bersentuhan dan berpelukan dengan penuh kenikmatan, maka akan mengeluarkan Hormon Oksitosin. Misalkan ketika ibu menyusui bayinya, atau suami ketika memeluk istrinya sendiri, atau orang tua di saat mengecup anak-anaknya, atau ketika terjadi proses bersalaman antara teman.

Hormon ini sangat bagus untuk menyehatkan hubungan silaturrahim dan ukhuwah, sehingga otomatis Anda akan semakin sehat lahir batin dan banyak membuka peluang hadirnya rezeki.

Namun ketika Anda sering tertekan, takut kehilangan, sedih dan kecewa atas takdir yang datang, atau merasa bersalah berlebihan, maka akan diproduksilah hormon Kortisol secara berlebihan, sehingga daya tahan tubuh menurun, mudah lapar, kadar gula darah meningkat, dan mengundang hadirnya penyakit kardiovaskular.

Namun demikian Hormon Kortisol ini juga bagus bagi kesehatan jika diproduksi secukupnya. Itu sebabnya, jika Anda mengalami tekanan maka tertekanlah secukupnya, laku lepaskanlah, berikhtiarlah, berdo’alah dan serahkan semuanya kepada Allah.

Wallaahu a’lam
dari berbagai sumber

Salam

KZ

www.jlebb.com

Info : in syaa Allaah Training Quranic Leadership 16 Februari 2020 di Aula Seminar BTW Bogor. Pendaftaran ke Manajemen JLEBB 085693937717

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *