- Artikel JLEBB

PERSPEKTIF LAIN TENTANG #FITNAH dari #MASIHIDDAJJAL

Salah satu do’a yang sering saya panjatkan sebelum menutup sholat dengan dua kalimat salam yaitu meminta perlindungan kepada Allah dari FITNAH Masihid Dajjal, atau Al-Masih Ad-Dajjal.

Secara bahasa, “Fitnah” memiliki arti Cobaan atau Ujian, “Al-Masih” memiliki arti Yang Mengusap atau Membelai, sedangkan Dajjalu memiliki arti Mencampuradukkan, Merancukan, Menutupi, Palsu dan Pendusta.

FMD (Fitnah Masihid Dajjal) ini bisa desebut sebagai Ujian atau Cobaan yang telah membelai manusia dengan sangat halus sehingga banyak manusia terjerumus ke dalam ketidakjelasaan hidup, yang salah satunya disebabkan oleh maraknya berita palsu atau hoax.

Untuk terjadinya peristiwa atau kondisi FMD ini memang sangat dibutuhkan kecanggihan di bidang Teknologi Informasi dan Internet. Artinya, semakin canggih teknologi informasi dan internet maka FMD akan semakin meluas.

Buktinya sekarang sudah semakin banyak manusia yang kebingungan, mana yang hak dan mana yang hoax, siapa yang benar dan siapa yang salah, mana yang harus dipercaya dan mana yang harus diingkari.

Lalu, bagaimana caranya supaya kita terhindar dari FMD?

Berdasarkan QS 6 : 116 maka janganlah kita hanya menjadi manusia kebanyakan yakni yang hanya ikut-ikutan. Berdasarkan QS 17 : 36 maka pahamilah dan olahlah semua informasi yang diterima barulah diikuti, jangan langsung percaya dengan informasi yang diterima, dari siapa pun. Olahlah, pahamilah, dan bertanggungjawablah.

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *