- Inspirasi

Rahasia “LARUT” yang banyak dilupakan

Jika sesendok gula dilarutkan ke dalam segelas air hangat maka ia akan larut bersama sang air. Air pun menjadi manis. Gulanya pun sirna, tapi ia meninggalkan jejak sang manis pada air.

Ketika gula dicelupkan dalam air maka gula langsung tahu diri dan segera meniadakan eksistensinya lalu melebur larut dengan Sang Air. Kecuali para Gula yang keras kepala, yang egois mementingkan diri sendiri, maka ia berusaha keras mempertahankan bentuknya, tapi ia menjadi semakin tersiksa, namun akhirnya harus larut walau terpaksa.

Hanya air yang murni yang bisa menghasilkan manis yang murni dari gula. Tapi bila airnya sudah bercampur dengan yang lain, maka jejak manis gula semakin tersaingi dengan campuran yang ada.

صِبْغَةَ اللَّهِ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ صِبْغَةً
وَنَحْنُ لَهُ عَابِدُونَ ( Q.S. 2 :138)

Sibgah (celupan) Allah. Dan siapakah yang lebih baik sibgahnya daripada Allah? Dan hanya kepada-Nya-lah kami mengabdi. (Q.S. 2 : 138)

Inti pengabdian kepada Allah adalah tercelup larut dalam celupan-Nya. Larut adalah kunci kekhusyukan dan kenikmatan dalam beribadah.

Ketika seseorang sholat, lalu ia larut bersama sholatnya di dalam celupan-Nya maka ia akan meniadakan eksistensi keakuannya, kecuali untuk berpasrah diri di dalam kebesaran-Nya, sehingga terasalah manisnya pengabdian kepada Allah.

Lihatlah seseorang yang sedang menonton Film atau Drakor, lalu ia larut bersama film tersebut, maka ia pun betah dan nikmat berlama-lama dalam keadaan suka ataupun duka. Walaupun di film tersebut sang pemeran utama sedang dapat ujian berat, ia tetap membersamainya, apalagi ketika sang pemeran utama berhasil mengalahkan peran antagonis yang ada.

Itu sebabnya, ketika kita sungguh larut dalam mengabdi kepada Allah, maka ujian kesulitan atau kemudahan tak kan membuat kita meninggalkan Allah dengan menganggap diri kita lebih eksis atau lebih penting dibandingkan Allahu ta’aalaa.

Wallahu a’lam

Salam Larut

Kang Zain

NB : Supaya semakin larut dalam kebaikan dicelupan-Nya, silakan nikmati suguhan video motivasi terbaru dari channel YouTube kami yang berdurasi 6 menit 54 detik dengan langsung saja KLIK

 

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *