- Inspirasi

SAATNYA MERDEKA DARI LUKA BATIN MASA LALU

👀 Link YouTube :

Apakah Anda termasuk orang yang mudah kecewa atau tersakiti hanya karena hal-hal yang orang anggap sepele?

Ataukah Anda memiliki seorang teman yang baperannya gabut banget deh, cuman karena gitu doang ngambeknya gak ketulungan?

Nah 4 Hal dari Masa Lalu berikut ini dapat membuat seseorang mudah baper atau terluka di Masa Kini, yaitu :

🤷🏻‍♂️ 1. Kesyirikan yang pernah dilakukan di masa lalu, seperti pernah belajar ilmu-ilmu yang bersinergi dengan jin, lalu tertinggallah berbagai residu perasaan bangga seperti rasa “saya hebat loh karena dulu pernah belajar ilmu santet, sihir, kebal bacok dlsb”. Menyesallah, bertaubatlah, lepaskanlah, dan serahkanlah kepada Allah. Tauhid kita akan sulit lurus, hidup kita tak kan pernah tenang sejati, kalau kita belum selesaikan sampai tuntas berbagai dosa syirik yang pernah kita lakukan.

💎 2. Kenikmatan / Prestasi di masa lalu yang tidak sempat kita syukuri dengan segera dan tuntas. Sehingga meninggalkan berbagai residu kesombongan atau kebanggaan di saat ini. Akhirnya kita jadi pribadi yang mudah jengkel dan marah atas “kebodohan” orang lain. Sadarilah bahwa bukan karena kehebatan kitalah terjadinya sebuah kenikmatan dan prestasi, tapi karena adanya rahmat Allah semata, itulah syukur yang tuntas.

🤦‍♂️ 3. Dosa/Maksiat di masa lalu yang tidak ditaubati dan diistighfari dengan taubat dan istighfar yang sungguh-sungguh. Yakinlah sepenuhnya bahwa Allah itu Maha Pengampun dan Pemaaf, lalu bertaubatlah sehingga tidak ada lagi niat sedikit pun untuk mengulangi dosa dan maksiat yang sama. Ciri taubat kita cuman “Gimik” adalah masih kuatnya niat untuk mengulangi kesalahan yang sama, dan enggannya move on memperbaiki diri.

😭 4. Musibah/Hinaan/Kekecewaan yang dulu menimpa kita tapi tidak segera kita respon dengan sabar yang ikhlas. Sehingga menimbulkan luka batin yang dalam, yang bilamana tersentuh sedikit saja oleh “peristiwa yang mirip” di saat ini maka kita akan sangat merasa terzalimi, padahal mah biasa aja peristiwanya. Memori luka batin yang belum disembuhkan itu akan membuat hidup kita terasa berat. Maka berimanlah kepada Allah dan takdir-Nya. Jangan lagi pura-pura beriman!. Capek. Terimalah sepenuhnya takdir Allah yang sudah ditetapkan-Nya, dan merendahlah di hadapan-Nya, akuilah sepenuhnya bahwa musibah itu terjadi karena kesalahan diri kita sendiri. Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun. Bertanggung jawablah!

Untuk lebih jelasnya silakan simak materi ini pada video yang sudah kami siapkan secara free di video youtube diatas

Terima kasih 🙏
Salam

KZ

Nb : Tulisan ini boleh dan dipersilakan di share secara utuh tanpa perlu meminta izin kepada penulisnya, semoga berkah. Dan saya ucapkan terima kasih kepada Sahabat semua karena telah subscribed, comment, dan like

 

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *