- Inspirasi

SADARISASI istilah Syi’ar, Riya, Sum’ah, Marketing, Selling, dan Closing (SRSMSC)

Saya hanya bahas sekilas saja tentang SRSMSC ini, supaya kita semua lebih menyadari apa yang sebenarnya sedang kita lakukan, pembahasan lebih dalam silakan cari masing-masing yaa.. ini hanya trigger saja..

1. Syi’ar artinya Simbol, Tanda, Slogan/Moto, Manasik (Haji/Umrah), Ritual, Pengumuman

Yakni simbol-simbol kebaikan dalam bentuk ritual Islam yang menandakan bahwa ini adalah aktifitas keislaman yang sudah disyari’atkan untuk disebarkan ke seluruh alam, agar dilihat, didengar, diikuti, dan dilakukan oleh sebanyak mungkin manusia di alam semesta ini. Hakikat dari Syi’ar adalah memasarkan dan membesar-besarkan Allah dan ajaran-Nya.

2. Riya^ artinya Ingin dilihat

Yakni melakukan amal sholih dengan keinginan dilihat oleh orang lain, atau tidak jadi melakukan amal sholih karena tidak ingin dilihat oleh orang lain.

3. Sum’ah artinya Ingin didengar

Yakni melakukan amal sholih agar namanya dikenal banyak orang, didengar dan disebut-sebut oleh banyak orang. Kalau ternyata masih sedikit yang mengenal “kehebatannya” maka ia sibuk menyebut-nyebut berbagai amal sholih yang pernah dilakukannya kepada orang lain.

Kegiatan Riya^ dan Sum’ah adalah dosa yang bisa sampai derajat dosa yang sangat besar. Riya^ dan Sum’ah hakikatnya sedang mensyi’arkan diri sendiri dengan rasa bangga (‘ujub) agar namanya dibesar-besarkan banyak orang (Takabbur).

4. Marketing artinya Pemasaran

Yakni aktifitas memperkenalkan sebuah Produk/Jasa yang bermanfaat bagi masyarakat. Pemasaran mengundang Penasaran. Itu sebabnya, sah-sah saja kalau memperkenalkan produk tapi tidak memperkenalkan harganya. Yang tidak boleh adalah berbohong tentang keunggulan produk, seolah-olah produknya paling sempurna. Dosa bohong ini akan terus mengalir sampai ia bertaubat dan mengkonfirmasi kepada orang-orang yang sudah termakan oleh kebohongannya.

5. Selling artinya Jualan

Yakni aktifitas lanjutan dari Pemasaran. Kalau sudah jualan maka harus jelas. Akad jual beli yang benar adalah harus ada produknya dan harganya, supaya terjadi transaksi yang “saling ridho” antara penjual dan pembeli. Jangan sampai seller menjebak pembeli. Saya pernah dijebak, tapi saya pakai aja jurus tega untuk menolak.

Sekedar Ilustrasi :

Penjual : Kang Zain, ini produk bagus dan cocok banget buat Kang Zain. Mau ya?

Pembeli : Mauuu… ๐Ÿ˜๐Ÿ‘

Penjual : Cuman 300 rb kok, murah ini kang zain๐Ÿ™‚๐Ÿคฉ

Pembeli : oh kirain ngasih, gak jadi kalau beli mah๐Ÿ˜

6. Closing artinya Penutupan, Tutup Jualan, laku/tidak, sudah ada keputusan akhir dari aktifitas transaksi jualan

Yakni sebuah aktifitas lanjutan dari jualan, laku atau tidak. Namun biasanya istilah Closing digunakan manakala jualannya sukses alias laku. Misalkan “Alhamdulillah, hari ini closing 3”.

KESIMPULAN :

1. Memperkenalkan dan Memasarkan Ajaran atau Simbol-simbol Islam namanya Syi’ar. Biasanya bersifat Monolog dari Penyiar kepada Penerima Siaran. Ketika sudah terjadi Dialog maka itu bisa disebut sebagai Ta’lim (Pembelajaran), yakni ada proses tanya jawab dan diskusi yang lebih dalam. Namun tentu saja, Ta’lim itu juga bagian dari Syi’ar.

2. Memperkenalkan dan Memasarkan produk/jasa namanya Marketing. Biasanya Sifatnya monolog dari marketer kepada calon pembeli. Ketika sudah terjadi dialog maka sudah mulai masuk tahap Selling, apalagi ketika harga sudah diperjelas.

3. Memperkenalkan dan memasarkan diri sendiri bisa jadi bagian dari Syi’ar bila dalam rangka mendukung Syi’ar-syi’ar Islam, namun bila justru Syi’ar Islam hanya dijadikan topeng untuk membesar-besarkan nama dirinya maka itu bagian dari Riya^ dan Sum’ah. Na’uudzubillaahi min dzaalik.

Wallahu a’lam

Salam

KZ

www.jlebb.com

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *