- Motivasi

SIAPKAN DIRIMU

Jika engkau tidak siap kecewa, maka wajar bila engkau sering bertemu dengan orang-orang yang mengecewakanmu.

Jika engkau tidak siap gagal, maka wajar bila engkau sering mengalami kegagalan.

Jika engkau tidak siap dikhianati, maka wajar bila engkau sering bertemu dengan orang-orang yang mengkhianatimu.

Jika engkau tidak siap untuk menerima, maka wajar bila engkau sering bertemu dengan orang-orang yang tidak siap untuk memberi.

Perluaslah ruang penerimaanmu, teruslah perbesar kesabaranmu, perlapanglah hatimu, maka engkau akan sering menemukan orang-orang yang memberimu dan membuatmu bahagia.

Bayangkan jika hari ini Allah sedang memberimu rezeki senilai 100 juta tapi ternyata “ruang penerimaanmu” hanya sanggup menampung 3 juta, apa yang terjadi?

So, jangan katakan “Allah pelit padaku”, tapi minimalkanlah keluhan dan sikap menyalahkan orang lain, lalu perbanyaklah istighfar dan bersyukur sehingga memperluas ruang penerimaanmu.

Jika hatimu sudah lapang, penerimaanmu sudah luas, maka sangat banyak kebaikan yang akan engkau terima, dan sangat sedikit keburukan yang engkau rasakan.

Dan ciri hati lapang lainnya yaitu sangat sedikit kebaikan yang akan membuatmu sombong dan sangat sedikit keburukan yang mampu membuatmu minder, marah, dan kecewa.

Yup, jika kau siap kecewa, maka kekecewaan hanya mampir sebentar.

Jika kau siap dikritik maka justru pujian yang hobi menggodamu.

Jika kau siap gagal maka kegagalan hanya akan mencerdaskanmu dan mendekatkanmu kepada Allah.

Ingatlah, masalahmu bukan pada “kesulitannya” tapi bagaimana lapangnya hatimu menerima kesulitan yang ada. Semakin sempit hatimu, maka semakin berat masalahmu.

Perhatikanlah, Kapal tengker bila di atas sungai hanya akan menghalangi arus, tapi bila ia berada di atas samudera maka akan terlihat gagah.

So, hadapi kesulitanmu dengan hati lapang, dengan jiwa yang luas dan gagah.

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *