- Artikel JLEBB

SUDAHKAH KITA BERGEMBIRA DI SAAT BER-ISTIRJA’?

Kalimat Istirja’ berbunyi “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun” yang artinya “Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sesungguhnya kami kepada-Nya lah pasti akan kembali dikembalikan”

Kita tentunya sudah paham bahwa Kegembiraan hati adalah obat. Itu sebabnya banyak yang menjadi parah ketika terpapar Covid-19, bukanlah sekedar karena virusnya, tapi karena panik dan hilangnya kegembiraan.

Ternyata menurut Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 155-156 bahwa beristirja’ yang dianjurkan itu dalam keadaan bergembira, keadaan “positive feeling”.

“…. Dan berikanlah kabar Gembira kepada orang-orang yang sabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengatakan : Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun.”

Apa sih kegembiraan yang didapatkan bagi orang-orang sabar yang beristirja’ dengan positive feeling?

Dijelaskan pada ayat ke 157 nya, ada 3 kegembiraan yang akan didapat, yaitu :

  1. Mendapatkan Sholawat (Ampunan) dari Allah
  2. Mendapatkan Rahmat-Nya
  3. Diberikan petunjuk oleh Allah

Wow, musibahnya satu, tapi kegembiraannya ada tiga. Bayar 1, dapat 3. Maa syaa Allah.

Namun hari ini kita perhatikan, betapa banyak orang-orang beristirja’ tapi dengan hati yang pedih dan pilu alias “negative feeling”, seolah-olah mereka lupa bahwa semuanya adalah milik Allah dan semuanya pasti akan kembali kepada Allah.

Lain itu, adakah kondisi yang lebih menggembirakan dibandingkan dengan kondisi bahwa kita sudah sadar penuh bahwa sejatinya kita ini hanya dimiliki oleh Allah alias bukan budak siapapun kecuali hamba Allah, serta kesadaran bahwa kita pasti akan dikembalikan sepenuhnya kepada Zat Yang Maha Pengasih Maha Penyayang?

Yup.. rasa memiliki atau dimiliki oleh makhluk itulah yang membuat kegembiraan terhijab. Semakin kuat rasa memiliki maka semakin pedih ketika kehilangan. Padahal tidak ada yang namanya kehilangan, bila kita yakin bahwa semuanya milik Allah.

Yuk mulai hari ini, setidaknya marilah kita selipkan sedikit saja rasa gembira di setiap kita beristirja’. Dan semakin sadar posisi kita ini siapa di hadapan-Nya, in syaa Allah kualitas kegembiraan Istirja’ kita akan semakin meningkat.

Salam

KZ

klik video Saatnya Bergembira dengan Kalimat Istirja’ di

https://www.youtube.com/watch?v=8PvabXrQ9qY

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *