- Artikel JLEBB

SUMBER MAGER : Sedikit ILMU, kebanyakan INFORMASI

Tahukah Anda, apakah perbedaan antara Informasi dan Ilmu?

……
……
……

Informasi adalah sesuatu yang diterima oleh jiwa melalui panca indera lalu disaring oleh batang otak kemudian disimpan di sistem Limbik, bagian Hippocampus dan Amigdala.

Biasanya orang-orang yang kebanyakan informasi akan sering merasa hidup ini penuh dengan beban, jiwa labil, bikin mager. Itu sebabnya tak perlu heran, cara cepat membebani diri dan bumi ini, adalah dengan mengakses sebanyak mungkin informasi, terutama melalui dunia maya.

Sedangkan Ilmu adalah Informasi yang sudah diolah oleh otak, khususnya oleh bagian neokortek lalu disimpulkan dan diputuskan oleh otak bagian PFC (Pre Frontal Cortex) sehingga menjadi sebuah Makna atau Hikmah.

Orang yang banyak ilmunya maka beban hidupnya terasa ringan, tekadnya kuat, jiwanya stabil.

Nah, kita ini kira-kira termasuk golongan yang mana, apakah golongan orang-orang yang berilmu atau orang-orang yang berinformasi?

Apabila Anda membaca tulisan saya ini lalu menelannya mentah-mentah tanpa berusaha mengolahnya sampai berhasil menemukan maknanya, maka Anda kemungkinan besar termasuk golongan orang yang berinformasi.

Tapi apabila Anda membaca tulisan ini, lalu Anda olah sepenuh otak, melalui kinerja neokortek dan PFC, sehingga Anda menemukan hikmah atau makna tulisan ini bagi kehidupan Anda, maka in syaa Allah Anda termasuk golongan orang-orang yang berilmu.

Salam

KZ

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *