- Inspirasi, lainnya, Promo, Public Training

TAHUKAH ANDA APAKAH PERBEDAAN ANTARA

*1. Haji Reguler*
*2. Haji Khusus/Plus*
*3. Haji Khusus Prioritas Visa Furoda*
*4. Haji Khusus Visa Multiple/Ziarah*

???

1. Haji Reguler

Haji dengan Kuota dari Pemerintah, harga sekitar 35 juta. Visa Haji didapatkan secara *Gratis* dari Pemerintah Arab Saudi. Waiting list sekitar 10-30 tahun, tergantung daerah mana. Durasi program Haji Reguler selama 40 hari.

Sebetulnya biaya yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk Haji Reguler bisa mencapai 65 juta per jama’ah. Selisih 30 juta ditanggung Pemerintah karena uang jama’ah yang mengendap saat waiting list sebelumnya sudah diolah dan dinvestasikan oleh Pemerintah.

2. Haji Plus/Khusus

Hampir sama dengan yang reguler, yaitu ada jatah Kuota dari Pemerintah Arab Saudi.

Yang membedakan, harga Visa Haji Plus (Kadang juga disebut Haji khusus) diberikan ke pemerintahan secara gratis, namun Pemerintah Indonesia menetapkan biaya administrasi buat agen travel sebesar 500 USD.

Fasilitas yang diterima jama’ah sebanding dengan bintang 5. Durasi program selama 26 hari.

Waiting List Haji Plus sekitar 4-5 tahun. Harga jual perjama’ah paling kecil sekitar 115 juta atau sekitar 10.000 USD.

3. Haji Khusus Prioritas Visa Furoda

Ini adalah Haji *Non Kuota Pemerintah*. Bisa langsung berangkat di tahun pendaftaran. *Tidak perlu mengantri satu tahun pun*. Durasi program selama 22 hari, mirip dengan Haji Plus/Khusus, hanya saja *langsung berangkat* di tahun pendaftaran, diprioritaskan karena melalui jalur undangan kerajaan Saudi.

Furoda artinya independen. Jadi Visa Haji Furoda adalah Visa yang independen yang dibuat khusus untuk program Haji melalui undangan dari kerajaan Arab Saudi.

Biasanya Pemerintah atau Kerajaan Saudi atau perwakilannya menjual langsung Visa Haji Furoda ini ke Pihak Travel terpilih di Indonesia. Seperti Travel Haji *Adeem Tours* yang sudah 6 tahun berpengalaman diamanahi Visa ini.

Harga jual Visa Haji Furoda ke pihak Travel adalah 6.500 USD. Itu *baru harga visanya saja*, belum termasuk, administrasi, pesawat, hotel, perlengkapan, manasik, makan, dlsb. Maka wajar saja bila harga Haji Khusus Visa Furoda di pasaran sekitar 14.000 USD untuk fasilitas bintang 3, 15.000 USD untuk bintang 4, dan 17.000 USD untuk fasilitas bintang 5.

4. Haji Khusus Visa Multiple/Ziarah.

Bahasa lain Visa Multiple adalah Visa Ziarah. Visa ini sebenarnya bukan untuk keperluan Haji. Sehingga bila ketahuan pemerintahan Arab bisa dideportasi. Saya tidak menyarankan Anda berangkat dengan Visa Multiple.

Harga paket haji visa multipel ke jama’ah dijual lebih murah dari visa Furoda. Itu sebabnya, berhati-hatilah jika Anda ditawarkan Haji Khusus langsung berangkat dengan harga di bawah 12.500 usd, tanyakan jenis visa nya apa, Multiple/Ziarah atau Furoda?

KESIMPULANNYA?

Bagi Anda yang punya tabungan atau aset yang bisa dijual, saya sarankan pergi menggunakan Haji Khusus Visa Furoda dibandingkan harus menunggu 5 sampai 15 tahun, karena kita tidak pernah tahu usia kita sampai kapan.

Terimakasih

Jazakumullah

Salam

Kang Zain
www.jlebb.com

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *