- Informasi, Inspirasi, Motivasi, Solusi

TERLAHIR UNTUK BERSERAH

Kita semua terlahir untuk beriman kepada Yang Maha Hidup, kita terlahir untuk meyakini suatu kebenaran yang hakiki, supaya kita bisa berserah seutuhnya, supaya hidup kita jauh dari resah dan bisa hidup nikmat di dunia akhirat.

Itu sebabnya jangan terlalu hobi mencari-cari perbedaan dengan orang lain yang berbeda persepsi dan keyakinan, lalu sibuk menyalahkan mereka, sampai-sampai kita sendiri lupa untuk utuh menjalani dan menikmati kebenaran yang sudah, sedang, dan akan kita dapatkan.

Berlombalah dalam kebaikan, dan bukan bertanding dalam kebenaran untuk saling menyalahkan dan mengalahkan hingga rusuhlah kehidupan. Hanya ada keresahan dalam kerusuhan.

Kebenaran ibarat cahaya. Dia secara fitrah akan dicari oleh orang-orang yang membutuhkan penerangan dan pencerahan. Tanpa dipromosikan besar-besaran pun kebenaran akan menjadi pusat perhatian. Kebenaran itu pasti disukai oleh orang-orang yang menyukai kebaikan dan keadilan ditegakkan di muka bumi ini.

Itu sebabnya, kebenaran itu pasti baik. Dan orang baik pasti suka berbuat baik, khususnya menyebar Rahman dan Rahiim-Nya, penuh kasih dan empati, tiada suka mencela dan mencaci.

Kebenaran bukanlah sekedar alat untuk melegitimasi bahwa kita orang baik, tapi kebenaran itu sendiri adalah alat dari Allah agar kita semakin benar dalam berbuat baik, bukan hanya berbuat baik berdasarkan prasangka kita belaka.

Ciri-ciri orang sudah berada di jalan yang benar maka ia akan hidup dengan metode S3 : Surah-Suruh-Serah. Yaitu melakukan sesuatu berdasarkan Surah (dalil), dilakukan hanya karena di-Suruh oleh Allah dengan penuh rasa ber-Serah kepada Allah. Metode S3 ini pasti menghasilkan kenikmatan dalam beribadah. An’amta ‘alaihim.

Sedangkan ciri orang yang berada di jalan yang Salah maka ia melakukan metode R3 : Resah-Risih-Rusuh. Yakni selalu Resah jiwanya, mudah Risih dengan berbagai peristiwa, dan suka Rusuh dengan sesama.

Coba kita renungkan, apa sih yang sebenarnya Allah mau atas diri kita?

Beribadah? Yup….

Intinya ibadah itu apa ya?
….

Yup, intinya ibadah adalah ber-Serah kepada Allah secara totalitas, sami’naa wa atho’naa.

Coba renungkan, mengapa seseorang diberikan masalah begitu besarnya?

Yup, agar orang tersebut mau kembali totalitas ber-Serah kepada Allah, tanpa sombong dan menyalahkan orang lain lagi atas masalah yang menimpanya.

Dan mengapa sholat itu adalah solusi terbaik dari semua permasalahan yang ada?

Yup, karena Sholat adalah cara terbaik untuk ber-Serah kepada Allah, khususnya di waktu rukuk dan sujud.

Maka merugilah siapa pun yang rukuk dan sujud tanpa meninggalkan jejak cinta, kenikmatan dan bekas kerinduan yang mendalam untuk segera rujuk dan sujud di ibadah sholat berikutnya.

Wallahu a’lam

(Kang Zain – www.Jlebb.com)

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *