- Artikel JLEBB, Inspirasi

TERNYATA KITA INI MEMANG SAKIT JIWA

Setelah saya amati dan alami, saya menjadi semakin yakin bahwa kita semua yang sudah berusia baligh ini sebenarnya memiliki sakit jiwa. Hanya saja kadar sakitnya berbeda-beda, yakni sesuai dengan pergaulan, pendidikan, pola pengasuhan, dan juga memori genetik yang diturunkan dari orang tua kita sebelumnya.

Hidup ini sebenarnya proses terapi penyembuhan diri kita sendiri sebelum mati. Istilah populernya adalah Tazkiyatun Nafs, atau Pemurnian Jiwa. Bila jiwa kita sudah dimurnikan oleh Allah maka hati kita akan senantiasa tenang, dada kita selalu lapang, dan kita pun akan memiliki antibodi jiwa yang kuat, sehingga sulit kecewa, sakit hati, khawatir, apalagi sampai depresi.

Orang yang jiwanya sudah sembuh maka kematian adalah impian terindahnya. Syahid adalah cita-citanya. Dan akhlak mulia adalah kesehariannya.

“Ya Allah, saya terima rasa sakit ini, saya akui bahwa saya ini lemah dan masih mudah sakit hati, maka mudahkanlah saya untuk berlapang dada, mudahkanlah saya untuk memaafkan, ampuni dan sayangilah saya, dan sembuhkanlah saya dari semua penyakit lahir dan batin. Dan janganlah Engkau cabut nyawa saya, sebelum Engkau memurnikan jiwa saya dengan ampunan-Mu. Sesungguhnya Engkau Ghofuurur Rohiim.”

Salam

KZ

Please follow and like us:
error

About kang zain

Sejak 2001 bergerak di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sejak tahun 2006 memfokuskan diri bergerak di bidang pelatihan SDM yang berbasis Motivasi Spiritual, yaitu Spiritual Character Building.
Read All Posts By kang zain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *